Featured Video

Senin, 11 Februari 2013

Kalahkan Burkina Faso, Nigeria Juara Piala Afrika


FOTO:AFP/ISSOUF SANOGO
Johannesburg - Nigeria berhasil menutup Piala Afrika 2013 dengan membawa pulang titel juara usai mengalahkan Burkina Faso dengan skor 1-0 di final. Gol kemenangan 'Elang Super' diciptakan Sunday Mba.

Dalam laga yang dihelat di Soccer City Stadium, Senin (11/2/2013) dinihari WIB, Mba menciptakan golnya lima menit jelang babak pertama usai. Setelahnya Nigeria mendominasi laga tapi tak bisa menambah gol.

Bagi Nigeria ini adalah trofi ketiga mereka di Piala Afrika setelah di tahun 1980 dan 1994. Mereka akan mewakili Afrika di perhelatan Piala Konfederasi dengan bergabung di Grup B bersama Spanyol, Uruguay dan Tahiti.

Sementara itu Burkina Faso gagal menciptakan sejarah di keikusertaan mereka pertama kalinya di partai final ini.

Jalannya Pertandingan

Di menit ke-8 Nigeria mendapat peluang pertamanya lewat tandukan Ambrose meneruskan crossing Victor Moses tapi bola masih melayang di atas mistar.

Dua menit setelahnya Diakite bikin peluang kedua untuK Nigeria setelah tembakannya dari dalam kotak penalti masih tak menemuui sasaran.

Burkina Faso mendapat peluang di menit 38 lewat Kone tapi bola masih melenceng di samping gawang.

Nigeria memecah kebuntuan di menit 40 ketika Mba mendapat bola liar hasil sepakan Moses yang mengenai pemain lawan. Mbia menguasai bola dengan kaki kanan untuk melambungkan melewati satu bek Burkina Faso sebelum menuntaskan lewat sepakan voli kaki kiri untuk menjebol gawang Burkina Faso.

Di babak kedua Nigeria masih dominan dan di menit 48 Uche melepaskan sepakan dari kotak penalti tapi masih tepat mengarah ke pelukan Diakite.

DI menit 56 Moses kembali mendapat kesempatan mencetak gol setelah tinggal berhadapan dengan kiper tapi ia terlau lama menguasai bola dan tembakannya malah berhasil dihalau bek Burkina Faso.

Burkina Faso juga beberapa kali mendapat peluang cetak gol tapi karena kurang tenangnya Pitroipa dan Bance di lini depan membuat kesempatan itu terbuang sia-sia.

Begitu juga dengan Nigeri yang membuang banyak peluang yang didapat oleh mereka. Tak ada lagi gol tercipta hingga akhir laga dan Nigeria berhasil menjadi juara Piala Afrika tahun ini.

Susunan Pemain

Nigeria: Enyeama, Echiejile (Oshaniwa 67'), Omeruo, Oboabona, Ambrose, Onanzi, Mikel, Mba (Yobo 89'), Moses, Ideye, Uche (Musa 54')

Burkina Faso: Diakite, Koffi, Kone, Koulibaly (Dagano 84'), Panandetiguiri, Kone (Traore 90'), Kabore, Rouamba (Sanou 65'), Nakoulma, Pitroipa, Bance


s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar