Featured Video

Sabtu, 20 April 2013

Fujitsu Hadirkan Sensasi Layar Sentuh ke Kertas


Sensasi layar sentuh merambah kertas.

Fujitsu mengembangkan sebuah teknologi yang menghadirkan sensasi layar sentuh pada permukaan kertas biasa. 


Seperti dilansir Mashable, Senin (15/4), teknologi tersebut pada dasarnya bisa mendeteksi objek di dunia nyata yang disentuh jari anda dan memungkinkan pengguna memanipulasinya secara virtual, mirip dengan ketika Anda menggunakan ponsel atau tablet layar sentuh.  

"Sistem ini tidak menggunakan perangkat keras khusus. Ia hanya menggunakan perangkat seperti webcam, plus proyektor biasa. Kemampuannya bisa diperoleh berkat teknologi pemrosesan gambar," ujar peneliti di Fujitsu Media Service System Lab, Taichi Murase. 

Seperti bisa dilihat dalam video presentasinya (di bawah), pengguna bisa 'mengutak-atik' gambar atau tulisan yang ada pada selembar kertas. Dengan menggunakan sapuan jari, Anda bisa menyeleksi dan mengopi gambar atau teks/tulisan lalu menyimpannya.

Selain pada permukaan rata, teknologi ini juga bisa diterapkan pada permukaan kasar atau melengkung. Itu diyakini bakal memudahkan pengguna memanipulasi data dari sebuah buku. 

Teknologi ini masih dalam tahap demonstrasi. Peneliti di Fujitsu berencana untuk mengembangkan versi komersil dari sistem itu pada 2014.
Lihat video presentasinya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar