Featured Video

Jumat, 31 Mei 2013

Bos Cisco Prediksi Internet akan 'Gratis'

http://images.detik.com/content/2013/05/30/398/ciscoceojohnchambers10.jpgJohn Chambers (Getty Image)
Bisa dibilang, tarif internet saat ini sudah lebih murah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi hampir di seluruh negara. Bahkan menurut bos Cisco, kelak internet bisa digunakan secara cuma-cuma.

Hal tersebut memang bukanlah hal yang mustahil. Menurut John Chambers, CEO Cisco, dengan tingkat efisiensi data yang tinggi maka operator bisa saja menetapkan tarif hingga ke level yang paling murah atau bahkan gratis dengan syarat.

Lalu bagaimana itu bisa terjadi? Chambers menjelaskan bahwa infrastruktur jaringan akan sangat berbeda dalam beberapa tahun ke depan, dan pengguna internet mobile akan lebih banyak menggunakan data melalui WiFi ketimbang data seluler.

Nah, agar bisa mengarah ke sana, Cisco menyiapkan beberapa produk yang konon bisa membantu para operator meningkatkan efisiensi jaringan. Sebut saja Cisco Service Provider WiFi, teknologi yang mampu mengurangi beban jaringan selular.

"Arsitektur jaringan akan berubah. Dengan teknologi yang semakin pintar, maka jaringan akan menjadi platform dasar di masa yang akan datang," kata Chambers, seperti dikutip dari All Things Digital, Kamis (30/5/2013).

Sependapat dengan prediksi Chambers. Hasil riset dari lembaga konsultan bernama Chetan Sharma, memprediksi bahwa ke depannya akses internet akan semakin padat dan didominasi oleh perangkat bergerak dengan akses WiFi. Dengan begitu maka dipercaya bahwa akses internet akan semakin murah di kemudian hari.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar