Featured Video

Jumat, 31 Mei 2013

Tantangan untuk Pedrosa di Kandang Rossi

Getty Images
Dani Pedrosa punya catatan kemenangan cukup impresif dalam sejumlah balapan terakhir, yang ikut mengantarnya ke puncak klasemen sementara. Bisakah ia mempertahankannya akhir pekan ini di Mugello?

Pada periode 2002-2008, Valentino Rossi sempat tampil menawan di MotoGP Italia dengan meraih tujuh kemenangan secara beruntun di Mugello. Namun, sejak itu pebalap Yamaha tersebut belum bisa kembali memenangi balapan kandangnya itu.

Untuk balapan pada akhir pekan, Minggu (2/5/2013), situs MotoGP mengemukakan sejumlah catatan menarik lainnya. Di antaranya adalah bahwa Dani Pedrosa kini sudah tampil cukup dominan dalam 15 balapan terakhir, setelah rider Repsol Honda itu mampu memenangi sembilan balapan di antaranya.

Kemenangan di MotoGP Prancis lalu juga membuat Pedrosa kini bisa kembali memimpin klasemen pebalap setelah lima tahun. Entah apakah posisi teratas itu akan tetap bisa ia tempati selepas MotoGP Italia akhir pekan ini.

Berikut data dan fakta menjelang MotoGP Italia mendatang:

83 - Dani Pedrosa sudah meraih 83 poin dari empat balapan awal 2013. Ini adalah start terbaiknya sejak berkecimpung di kelas MotoGP pada tahun 2006. Raihan angka terbaiknya dari empat balapan awal sebelum ini adalah 81 poin (2008).

60% - Dani Pedrosa telah memenangi sembilan dari 15 balapan MotoGP terakhir, mencerminkan persentase kemenangan 60 persen. Dalam periode ini, enam balapan lain dimenangi oleh: Jorge Lorenzo (3 kali), Casey Stoner (2 kali), Marc Marquez (1 kali).

15 tahun - Hari pertama latihan bebas di Mugello menandai genapnya 15 tahun saat Alex Criville memenangi MotoGP Prancis 1998 untuk menjadi pebalap Spanyol pertama yang memimpin kejuaraan 500cc.

7 - Jorge Lorenzo finis pada posisi tujuh di MotoGP Prancis lalu. Setelah finis pada posisi delapan di Valencia pada musim debutnya tahun 2008 lalu, peringkat itu menjadi posisi finis terburuk berikutnya untuk Lorenzo--mengecualikan retired.

6 - Dani Pedrosa memenangi balapan MotoGP di Le Mans lalu setelah start dari posisi enam. Ini menyamai aksi Valentino Rossi saat meraih kemenangan dari posisi start sama di Malaysia tahun 2010 lalu.

5 tahun - Menyusul kemenangannya di Le Mans, Dani Pedrosa memimpin klasemen pebalap untuk kali pertama dalam lima tahun. Kali terakhir ia ada di pucuk klasemen adalah setelah MotoGP Belanda di Assen pada 2008.

4 tahun - Hari pertama latihan bebas MotoGP Italia nanti menandai genapnya empat tahun saat Casey Stoner memberikan kemenangan pertama untuk Ducati dan juga satu-satunya kemenangan tim itu di Mugello, pada tahun 2009.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar