Featured Video

Selasa, 07 Mei 2013

Jokowi: Rekomendasi DPRD Telat, Jabatan 2 Walikota Kosong

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo



Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengeluhkan telatnya rekomendasi DPRD mengenai pengangkatan Walikota Jakarta Barat dan Walikota Jakarta Selatan.

Telatnya rekomendasi mengganggu mekanisme sistem pemerintahan. Hingga hari ini kedua wilayah itu belum memiliki pemimpin.

"Saya sudah kirim surat ke DPRD hingga dua kali. Namun, belum ada jawaban. Saya coba mau buat surat ketiga," kataJokowi di Balai Kota, Selasa 7 Mei 2013.

Menurut dia, kekosongan jabatan di dua wilayah ini menjadi beban percepatan pelaksanaan program. Walikota merupakan pemimpin yang akan mengkoordinir camat dan para lurah untuk menjalankan fungsinya.

Hingga kini ia belum tahu apa masalah DPRD hingga belum mengeluarkan rekomendasi. Jokowi menolak melantik Walikota meski undang-undang membolehkan gubernur melangkahi DPRD melakukan pengangkatan dan pelantikan Walikota baru.

"Semua ada mekanisme. Meski ada undang-undang saya tetap harus meminta restu DPRD. Kami kan harus saling menghormati. Saya akan terus bikin surat dan tidak melangkahi mereka," ujarnya.

Pemprov DKI sudah mengajukan nama-nama calon Walikota di kedua wilayah ini sejak tiga bulan lalu. DPRD tinggal mengkaji dan mengeluarkan rekomendasi. Setelah itu barulah gubernur mengesahkan mereka lewat pelantikan.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar