Featured Video

Rabu, 19 Juni 2013

Suzuki Kembali, MotoGP akan Diikuti 28 Rider

Suzuki Kembali, MotoGP akan Diikuti 28 Rider
net
Balapan MotoGP 
Setelah absen sejak 2012 dari persaingan balap MotoGP, Suzuki akan kembali bersaing di arena balap motor paling bergengsi di 2015. Dengan kembalinya pabrikan motor asal Jepang tersebut,
jumlah rider reguler MotoGP diperkirakan akan bertambah empat orang menjadi 28. Dan sedikitnya akan ada empat pabrikan besar yang bersaing bersama Honda, Yamaha, dan Ducati.
Suzuki mengumumkan rencana kembali ke MotoGP itu pada saat akan melakukan uji coba motor prototipe mereka di Spanyol yang dimulai Senin (17/6/2013). Suzuki yang pernah juara kelas 500cc dengan pembalapnya Barry Sheene (Inggris), Kevin Schwantz dan Kenny Roberts Jr (Amerika Serikat) pernah mengundurkan diri dari balapMotoGP di akhir 2011. Alasannya saat itu karena mereka berusaha melakukan penghematan terkait dengan imbas krisis ekonomi global.
Suzuki berharap untuk kembali di musim 2014, namun mereka masih perlu melakukan uji coba sebelum benar-benar siap bersaing. "Suzuki Motor Corporation akan berpartisipasi lagi di MotoGP dari 2015," demikian pengumuman Suzuki.
Davide Brivio, mantan bos Valentino Rossi masuk dalam tim uji coba Suzuki. Dia bekerjasama dengan pembalap Prancis, Randy De Puniet yang bertugas sebagai pembalap pengembang untuk mengembangkan motor dengan mesin 1000cc.
Adanya tambahan empat pembalap ini merupakan aturan baru yang dibuat Dorna. Biasanya, CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta pernah menyatakan jika ada yang akan ikut bersaing di MotoGP termasuk Suzuki perlu mengakuisisi tempat yang sudah ada sebelumnya.
Namun kenyataannya, tak ada satu pun tim yang mau dijual pada saat ini. Akhirnya, Dorna pun membuat aturan fleksibel dengan cara menambah jumlah pembalap yang ikut serta.
Musim ini, jumlah rider reguler yang bersaing di kelas MotoGPsebanyak 24. Dengan kembalinya Suzuki bersaing di MotoGPmemungkinkan adanya tambahan empat pembalap lagi di musim mendatang.
Konsekuensi dengan adanya penambahan peserta ini maka besarnya hadiah atau bayaran untuk posisi grid dikurangi. "Tak ada yang ingin menjual tempatnya di kelas premier pada saat ini," kata Ezpeleta seperti dilansir situs resmi MotoGP.
"Sehingga kami telah membuat keputusan untuk menyusun jumlah grid pembalap musim depan adalah tim-tim yang sekarang ada tetap ada dengan benefit yang tetap ada seperti hadiah uang, biaya travel dan biaya ban dan kami menerima tambahan empat tempat posisi grid baru," katanya.
Di musim 2015 mendatang, sebanyak 22 pembalap akan mendapatkan hadiah uang, lalu berikutnya dari pembalap yang menempati peringkat 23 dan 24 akan mendapat sedikit benefit dan pembalap di bawahnya tak akan mendapat hadiah uang.
Pada saat sebelum digelar balapan, Ezpeleta mengatakan meski telah berpartisipasi dalam sesi uji coba, Suzuki belum mengkonformasi rencana mereka kembali. Tapi setelah balapan, Suzuki resmi mengumumkan rencana mereka untuk kembali bersaing di MotoGP.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar