Featured Video

Kamis, 18 Juni 2015

Unik! Di Depok, Makan Soto Bayar Pakai Doa Selama Ramadan

Unik! Di Depok, Makan Soto Bayar Pakai Doa Selama RamadanAlat bayar berupa kartu doa (Foto: Salmah Muslimah/detikcom)
Biasanya kalau membeli makanan itu bayarnya pakai uang, tapi di Depok, Jawa Barat ada warung makan yang dibayar pakai doa yakni Soto Kauman Express. Kegiatan ini hanya berlaku selama jam berbuka di bulan Ramadan.

Pengunjung bisa menikmati satu set menu dengan membayar menggunakan doa yang ditulis di secarik kertas yang sudah disiapkan. Waktunya mulai pukul 18.00 WIB sampai 18.30 WIB.


"Kami menyediakan 50 porsi setiap harinya dengan satu porsi terdari dari soto dan nasi, kurma royal, jus lidah buaya dari Herbavera dan somay Aisyah," ucap pemilik Soto Kauman Express, Ubaidilah di outletnya di Jl Raya Mukhtar, Sawangan, Depok, Jawa Barat, Kamis (18/6/2015).

UbaI mengatakan ini adalah kali kedua warung makanya memberikan makanan dengan bayaran doa. Dia berharap langkah ini bisa memberikan berkah bagi warungnya.

"Landasan filosofisnya ketika kita memberikan makan orang berbuka kita akan mendapatkan pahala. Salah satu doa yang dikabulkan adalah doa orang yang berpuasa jadi dapet dua manfaat," ucapnya.

Soto Kauman Express menurut Ubay pernah menjadi langganan Wapres Boediono jika ada acara di Istana Wapres. Selain itu soto ini juga jadi langganan Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail.

"Besok Pak Wali juga mau ke sini," ucap Ubay.

Semangkuk soto dengan kuahnya yang hangat sangat menggugah selera, apalagi saat perut lapar karena seharian berpuasa. Ditambah kurma dan jus lidah buaya dan somay sebagai makanan pembukanya.

Salah satu konsumen Yoan mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. Warga Depok ini berharap makan gratis bayar pakai doa bisa dilakukan setiap tahun.

"Saya sih senang. Saya harap jangan cuma tahun ini, semoga tahun depan juga ada lagi," kata salah satu pengunjung Yoan di lokasi.

Salah satu doa yang ditulis konsumen bernama Gawari untuk membayar soto ini yaitu, "Ya Alloh jadikanlah Soto Kauman Express menjadi usaha yang sukses dan besar".

Jadi bagaimana, berniat mencoba Soto Kauman Express dan membayarnya dengan doa? d