Featured Video

Rabu, 14 Desember 2016

Air Danau Singkarak Berubah Jadi Hitam, Ini Kesaksian Warga


Warga Ombilin, Kabupaten Solok dikagetkan dengan kondisi air Danau Singkarak yang berubah menjadi hitam dan mengeluarkan aroma menyengat seperti belerang.

“Sudah dua hari kejadian ini, tiba-tiba air di sekitar kawasan Ombilin ini mendadak berwara hitam dan itu beda dengan air seperti biasa,” kata Haflil Zardi, salah satu tokoh masyarakat setempat kepada Okezone, Selasa (13/12).
Akibat menghitamnya air danau tersebut, ratusan ikan pun mati terapung, diduga karena keracunan. “Aroma airnya ini berbau belerang dan berwarna hitam, luas danau yang terpapar cukup luas tapi tidak seluruh Danau Singkarak,” ungkapnya.
Haflil menduga perisitiwa tersebut akibat terjadinya patahan kerak bumi dalam Danau Singkarak sehingga lumpur dalam dasar danau itu keluar. “Biasanya ini akan reda selama seminggu, dan perisitiwa ini memang sangat jarang terjadi. Terakhir danau ini berwarna hitam sejak lima tahun lalu, jadi ini perisitiwa terulang lagi,” katanya.
Sementara, Ketua Ikatan Ahli Geologi Sumatera Barat Ade Edwar, menyatakan fenomena seperti itu bisa disebabkan oleh aktivitas vulkanik, namun itu kecil kemungkinannya. Dia mencurigai hal tersebut terjadi karena adanya aktivitas tektonik atau fenomena arus konveksi. “Namun, ini butuh penelitihan lagi,” ujarnya.