Featured Video

Sabtu, 12 November 2011

Dihajar Qatar, Peluang Indonesia Tertutup Wirawan Kusu

DOHA, KOMPAS.com — Peluang tim nasional Indonesia untuk lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia 2014 tertutup sudah. Pada laga penentuan penyisihan Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia, Jumat (11/11/2011), Indonesia dihajar tuan rumah Qatar, 0-4.


Meski Grup E Pra Piala Dunia 2014 menyisakan dua pertandingan lagi, Indonesia tetap tak akan mampu lolos ke babak selanjutnya. Pasalnya, hingga pertandingan keempat, Indonesia belum sekali pun meraih kemenangan. Jadi, jikapun meraih angka penuh dalam dua laga terakhir, Indonesia tetap tak mampu lolos.


Iran sementara memimpin klasemen Grup E Pra Piala Dunia 2014 dengan torehan 8 poin. Mereka hanya unggul selisih gol atas Qatar.


Menghadapi Qatar, Pelatih Wim Rijsbergen membuat kejutan. Kiper utama Ferry Rotinsulu diparkir di bangku cadangan dan posisinya diambil alih oleh kiper kawakan, Hendro Kartiko. Selain Ferry, Cristian Gonzales juga diistirahatkan oleh Wim.


Qatar tetap memegang kendali permainan sejak awal babak pertama. Mereka baru bisa mengancam gawang Indonesia lewat aksi Khalfan Ibrahim pada menit ke-12. Namun, kiper Hendro Kartiko masih sigap mengamankan gawangnya.


Pada menit ke-21, giliran Bilal Mohammed yang mendapat peluang. Sayang, bola hasil sundulannya, memanfaatkan sepak pojok, masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Indonesia.


Indonesia sendiri kesulitan menembus kotak penalti Qatar. Beberapa kali upaya mereka berhasil dipatahkan oleh para pemain belakang tuan rumah. Tendangan spekulasi dari jarak jauh menjadi alternatif serangan Indonesia. Salah satunya yang dilakukan Firman Utina, yang sempat mengancam gawang Qatar. Namun, ancaman tersebut belum mengubah kedudukan.


Qatar akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia pada menit ke-29. Kesalahan Boas Solossa dalam mengumpan bola dimanfaatkan dengan baik oleh Qatar. Serangan mereka diselesaikan Muhammed Razak dengan tendangan voli yang menjebol gawang Hendro.


Indonesia semakin terpuruk setelah wasit memberikan hukuman penalti karena Hamka Hamzah melakukan pelanggaran di kotak terlarang terhadap Hussain Ali Shihab pada menit ke-33. Khalfan Ibrahim yang menjadi eksekutor mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik.


Memasuki menit ke-35, Indonesia mengambil inisiatif menyerang. Bahkan, skuad "Merah Putih" punya peluang terbaik pada menit ke-37. Tusukan Muhammad Ridwan diakhiri umpan yang mampu dimanfaatkan oleh Toni Sucipto. Bola sebenarnya sudah melewati hadangan kiper Qasem Burhan. Namun, gol tak jua tercipta karena Marcone Amaral berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola.


Pada menit ke-41, giliran Boas Solossa yang punya peluang. Namun, gol tak jua tercipta karena bola sepakan Boas hanya mengarah ke tiang gawang. Hingga akhir babak pertama, kedua tim gagal mencetak gol meski mendapat beberapa peluang.


Qatar tetap pegang kendali di babak kedua. Namun, Indonesia sempat mencuri peluang pada menit ke-62. Berawal dari umpan Ridwan, Boas yang berdiri bebas sebenarnya mampu melesakkan bola dengan kaki kanannya. Sayang, akurasi tendangan Boas masih menjadi penghalang Indonesia mencetak gol pertamanya dalam laga ini.


Justru Qatar yang mampu mencetak gol. Sepakan keras kaki kanan Khalfan Ibrahim kembali membuat Hendro Kartiko memunggut bola dari gawangnya pada menit ke-64.


Unggul tiga gol, Qatar menurunkan tempo permainan. Permainan dari kaki ke kaki dilakukan demi membuang-buang waktu. Indonesia yang sebenarnya bisa memanfaatkan keadaan ini tetap gagal mencari celah untuk menjebol gawang lawan. Bahkan, mereka kerap kehilangan bola akibat kesalahan sendiri.


Wim sebenarnya sadar penampilan timnya jauh dari memuaskan. Namun, upaya pergantian strategi yang ia lakukan tetap tak membuahkan hasil. Masuknya Cristian Gonzales, Muhammad Ilham, dan Mahyadi Pangabean pada babak kedua tak memberikan dampak positif bagi skuad "Merah Putih".


Ketika pertandingan hampir berakhir, Qatar malah menambah pundi-pundi golnya. Kali ini pemain pengganti Sebastian Soria yang menjebol gawang Hendro Kartiko. Pertandingan pun ditutup dengan skor 4-0 untuk Qatar.


Susunan pemain

Qatar: Qasem Burhan, Hamid Ismail, Meshai Mubarak, Marcone Amaral, Bilal Mohammed, Khalfan Ibrahim (Kasola Mohammed 64), Younes Ali Rahmati, Muhammed Razak (Sebastian Andres Quintana Soria 46), Hussain Ali Shihab, Mohammed Omar, Abdulaziz Al-Sulati.


Indonesia: Hendro Kartiko, Muhammad Ridwan, Muhamad Roby, Purwoko Pratomo, Zulkifli Sukur, Hamka Hamzah, Supardi (Mahyadi Pangabean 46), Firman Utina (Muhammad Ilham 72), Toni Sucipto (Christian Gonzales 62), Bambang Pamungkas, Boas Solossa.


Klasemen Sementara Grup E Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia

1. Iran 4 2 2 0 11-2 8

2. Qatar 4 2 2 0 8-3 8

3. Bahrain 4 1 2 1 3-7 5

4. Indonesia 4 0 0 4 2-12 0 military


Published with Blogger-droid v2.0.1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar