Featured Video

Selasa, 29 November 2011

MTQ DI DHARMASRAYA SUKSES


DHARMASRAYA,  Alek gadang  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumatera Barat ke-34 di Kabupaten Dhar­masraya berlangsung sukses. Kegiatan keagamaan tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, Senin (28/11). Kota Padang kembali juara umum. Tanah Datar berada di peringkat kedua.

Meski diguyur hujan lebat, namun  acara penutupan di Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru, tetap meriah meriah sebagaimana acara pembukaan pekan lalu. Dalam MTQ di Kabupaten Dhar­masraya ini, Padang masih tetap mempertahankan mahkota juaranya untuk yang ke-20 kali dengan nilai 130 dengan meraih juara 1 sebanyak 22 cabang,  disusul Tanah Datar dengan nilai jauh di bawah Kota Padang yaitu 48, sedangkan tuan rumah Dharmasraya bertengger pada pering­kat 6 dengan nilai 26 karena hanya mendapatkan 2 cabang sebagai juara 1 beda tipis dengan Padang Panjang pada peringkat 5 dengan nilai 27.
Tropi juara umum diterima oleh Wakil Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Muslim Kasim untuk diboyong kembali ke Kota Padang.
Dalam guyuran hujan lebat tersebut, Ketua Panitia yang juga Wakil Bupati Dharmasraya H.Syaf­ruddin R menyampaikan maafnya kepada kafilah dan tamu unda­ngan.”Tak ada gading yang tak retak dan tak ada piring yang tak pecah dalam menggelar acara yang cukup besar ini,” katanya.
Namun katanya, kelemahan-kelemahan itu hendaknya dijadikan sebagai penopang iman bagi umat muslim, karena dalam iven MTQ ini yang dikejar adalah fastabiqul khairat yaitu jalan menuju syurga.
Menurutnya, panitia penyeleng­g­ara di bawah komandonya sudah berusaha sebaik mungkin dalam menyelenggarakan acara  ini. Atas nama Pemerintah Kabupaten Dhar­masraya ia menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi mensuk­seskan kegiatan MTQ ini.
Begitu pula Bupati H.Adi Guna­wan atas nama Pemerintah Kabupa­ten Dharmasraya menyam­paikan apresiasi yang besar kepada masya­rakat Dharmasraya yang telah ikut mengharumkan nama Kabu­paten Dharmasraya karena sudah ikut menyukseskan penyelenggaraan atau tuan rumah.
Wakil Gubernur Muslim Kasim dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Dharmasraya dan masya­rakat Dharmasraya yang telah ikut menyukseskan iven tingkat provinsi ini. Ia berharap dengan digelarnya MTQ Tingkat Sumbar di harmasraya, maka program pemerintah provinsi yang sudah dituangkan dalam perda akan dapat berjalan dengan baik.
Sebelumnya Sekretaris LPTQ Sumbar sudah membacakan para pemuncak serta membagikan tropi yang terbuat dari batu bara ber­sama dengan uang sakunya kepada para juara.
Tampak bersama rombongan Wagub Muslim Kasim, Anggota DPD RI Emma Yohana dan Aliman Sori, Ketua DPRD Sumbar Yultekh­nil, Kakanwil Kemenag Ismail Usman serta tamu VIP lainnya. Selain Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya, Ketua DPRD H.Rudy Hartono, Kajari Pulau Punjung Nurman serta Kepala SKPD juga hadir di arena utama MTQ.
Meski diguyur hujan lebat, para tamu tetap dihibur dengan berbagai kesenian Dharmasraya seperti reog, marching band, kesenian debus dan tari toga. (h/srz/met)HALUAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar