Featured Video

Selasa, 29 November 2011

PROSESI LAKEK GALA


Kaum Suku Sikumbang Jurai Nan Tigo Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh baralek mambantai dalam upacara mala­kekkan gala pusako adat Datuak Bagindo di Kubu Nan Ampek, Senin (28/11).

Ritual adat digelar. Gelar Datuak Bagindo, Panungkek gelar Datuak Sati Pangulu Suku Sikumbang Jurai Nan 3  dipercayakan kepada Nasrul, wiraswasta menggantikan A Muin Syah yang sudah meninggal dunia beberapa bulan yang lalu
Sebelum upacara mambantai sapi untuk gelar panungkek, terlebih dahulu gelar Datuak Bagindo dilewakan di tanah tabaliak dipandam pekuburan kaum. Dan dilanjutkan dengan baralek mambantai di rumah gadang suku.
Penobatan gelar dilaksanakan dalam sebuah jamuan sambal bantai sapi yang dipotong pagi hari sebelum ninik mamak dan panggilan datang. Kaum ibu memasak daging sapi itu bersama-sama dalam sebuah kancah besar untuk dijadikan sambal kalio dan gulai bantai.
Di hadapan ninik mamak dengan pakaian kebesaran yang duduk bersila sesuai posisinya dalam pesukuan. Bahkan sebelum upacara pidato adat menobatkan gelarsipangka mengatur dulu tempat duduk masing masing. Barulah ninik mamak mencicipi makanan di dulang tinggi setelah dimusyawarahkan melalui pasam­bahan adat. Proses ini lazim berlang­sung hingga waktu salat Zuhur.
Pelaksanaan malakek gala me­mang memakan waktu panjang. Setelah salat Zuhur dan juga melalui pasambahan adat para undangan baru dapat. Makan siang ini bisa jadi sekitar pukul 14 WIB. Dan barulah dilaksanakan pidato adat malakekkan gala pusako. Proses ini juga memakan waktu hingga pukul 16.30 WIB sore bahkan bisa jadi sampai menjelang Magrib
Pangulu Suku Sikumbang Jurai Nan 3 Nagari Batipuh Baruah Datuak Sati menjawab Haluan di sela acara malakekkan gala me­nyatakan, gelar Datuak Bagindo sebelumnya dipegang oleh HA Muinsyah mantan Pejuang 45. Ia meninggal dunia dalam usia 85 tahun.
Sesuai pepatah patah tumbuah hilang baganti, pusako lakek ke nan mudo. Begitulah secara turun temurun pergantian gelar pusako adat dilaksanakan di Nagari Baruah Kecamatan Batipuh. (h/one)(haluan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar