Featured Video

Rabu, 16 November 2011

PICU PERANG BERGELIMANG DARAH


ASTRO SOAL SERANGAN ISRAEL KE IRAN
HAVANA,  Serangan AS-Israel terhadap Iran tak terelakkan,  akan memicu dan  meluncurkan perang bergelimang darah.
“Karena kemampuan bertempurnya, jumlah warga dan ukuran negara, serangan terhadap Iran tak seperti petualangan militer Israel sebelumnya di Irak dan Suriah.” Demikian pe­ringatan mantan pemimpin Kuba Fidel Castro, Senin waktu  setempat.

“Perang yang bergelimang darah tak terelakkan akan meletus. Tak ada keraguan mengenai itu,” kata mantan pemimpin yang berusia 85 tahun itu. Ia berspekulasi bahwa Israel bermaksud menyerang Iran seperti yang di­lakukannya ketika menyerang instalasi nuklir di Suriah pada 2007 dan di Irak pada 1981.
Castro juga mengutip pernyataan Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice, bahwa serangan ke Iran adalah pilihan yang berkembang nyata, demikian laporan Xinhua seperti dilansir antara,  Selasa.
Pemerintah AS sedang mem­pertim­bangkan untuk mengakhiri pemimpin Iran saat ini guna mencegahnya membuat senjata nuklir.
Bermotif Politis
Negara Barat sedang  meningkatkan tekanan atas Iran setelah laporan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) menyatakan program nuklir negara Persia tersebut “memiliki agenda untuk mengembangkan senjata”. Tapi Iran menyatakan  laporan IAEA tidak seimbang.
Di dalam laporan paling akhirnya mengenai program nuklir negara Persia itu, Selasa, IAEA menyatakan bukti “yang bisa dipercaya” memperlihatkan Iran telah terlibat dalam proyek dan percobaan yang berkaitan dengan pembuatan senjata nuklir setidaknya sampai 2003.
Teheran dengan tegas telah mem­bantah laporan itu. Pemerintah Iran menyebut laporan IAEA sebagai laporan  tak seimbang, tak profesional dan bermotif politik.
Tetapi Amerika Serikat pada Kamis, menyatakan laporan Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) pekan ini mengenai program nuklir Iran “sangat menakutkan”.
Gedung Putih bahkan juga menya­takan akan terus menekan Teheran agar mengubah prilakunya.  (dn/ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar