Featured Video

Minggu, 18 Desember 2011

DEWI KEBERUNTUNGAN TAK BERPIHAK KE PASUKAN NIL MAIZAR


PADANG, Untuk kedua kalinya, Semen Padang gagal beroleh hasil maksimal di lanjutan Indonesia Premier League (IPL), Sabtu (17/12). Tim dari Bukik Karang Putiah ini di­tahankan tamunya, Persiba Bantul 0-0. Hasil imbang ini juga dialami Semen Padang kala menjamu Persibo Bo­jo­negoro.

Tim besutan Nil Maizar ini sebenarnya mendominasi jalan­nya pertandingan. Beberapa peluang emas, diraih tim yang dibiayai pabrik semen tertua di Indonesia ini. Upaya dari Es­teban Vicarra dan Vendri Mofu di­gagalkan gawang tim tamu yang di­kawal Wahyu Tri. Bahkan, gelandang Yu Hyunkoo yang berhasil menembus pertahanan Persiba, berhasil dibuang Wahyu Wijiastanto setelah sang kiper telah terdorong ma­ju membendung ge­landang asal Korea Selatan ini.
Sejak awal per­tandingan, duet Fer­dinand Sinaga dan Edward Wilson di lini depan telah mendapat suplai dari sayap Ellie Aiboy dan Vendry Mofu, semen­tara Esteban Vizcarra mengatur ritme di tengah lapangan.
Sementara Persiba Bantul mengandalkan Emmanuel Cris­tori di lini depan, dengan du­kungan Ezequiel Gonzales di lini tengah. Bek tengah Wahyu Wiji Astanto menjadi kapten. Sang tamu bermain dengan fokus serangan dari lini tengah me­manfaatkan serangan balik lawan.
Namun hingga 10 menit berlalu, tidak ada peluang yang benar-benar matang dari kedua tim. Baik Semen Padang mau­pun Persiba Bantul masih ke­sulitan melepaskan tembakan ke arah gawang lawan masing-masing. Baru pada menit ke-24, Em­manuel Cristori melepaskan tembakan ke arah gawang Semen Padang yang dijaga Jandia. Tak ada kawan yang membantu, Cristori menggiring bola hingga ke dalam kotak penalti sebelum melepaskan tendangan yang masih terlalu tinggi di atas mistar gawang.
Satu menit kemudian giliran Semen Padang mengancam ga­wang tamunya. Tendangan bebas Esteban Vizcarra mampu ditepis kiper Wahyu Tri. Bola berubah arah membentur mistar gawang, namun akhirnya bisa diamankan oleh sang kiper sebelum me­lewati garis gawang.
Peluang terakhir didapat Persiba Bantul pada menit ke-45+2. Menerima terobosan Gonzales di sisi kanan kotak penalti lawan, Slamet Nurcahyo melepaskan tendangan chip yang gagal dijangkau Jandia. Sayang, bola masih bisa disapu David Pagbe sebelum melewati garis gawang.
Hingga jeda turun minum, laga yang digelar di Stadion Haji Agus Salim, Padang, itu masih tetap imbang tanpa gol. Tuan rumah meningkatkan se­rangan­nya di babak kedua. Serangan demi serangan semakin deras di­lancarkan ke daerah pertahanan Persiba, memaksa sang tamu lebih banyak bertahan.
Pada menit ke-54, Edward Wilson melakukan penetrasi ke sisi kanan pertahanan lawan, dan melepaskan umpan silang. Bola jatuh di kaki Ellie Aiboy. Winger senior itu berhasil mengecoh satu bek lawan, namun ia memilih melepaskan tembakan dari sisi kiri gawang di dalam kotak penalti lawan, meski ada ka­wannya berdiri terbuka di depan gawang. Kiper Wahyu Tri tak kesulitan menjinakkan tembakan tersebut.
Dewi Keberuntungan rupanya enggan berpihak ke ‘Kabau Sirah’. Sundulan Vendri Mofu menyam­but sepak pojok Suheri Daud masih membentur tiang gawang Persiba dan dihalau bek lawan.
Mustofa Aji mencoba pe­runtungannya lewat tendangan jarak jauh pada menit ke-85, namun tendangannya masih mudah di­jinakkan kiper Persiba. Hingga lima menit jelang laga usai, Persiba belum sekalipun melepaskan tendangan ke ga­wang di babak kedua. Wasit akhirnya mengakhiri laga de­ngan skor 0-0.
Bertahan
Sepanjang 2x45 menit per­tandingan, kuartet Wahyu Wiji Astanto disiplin menjalankan instruksi pelatih M.Basri. Me­reka hanya tak pernah me­ninggalkan barisan pertahanan  Persiba. Berbeda dengan pemain bertahan Semen Padang, secara bergantian, David Ngan Pagbe, Abdul Rah­man, Tommy Rifka dan Hengky Ardiles secara bergantian meng­gempur per­tahanan tim tamu.
“Mereka (pemain bertahan Persiba) selalu di belakang ba­ng,”sebut seorang pemain Semen Padang yang tak masuk line up.
Pelatih Persiba, M.Basri mengakui anak asuknya memang diinstruksikan untuk disiplin di belakang. M.Basri sadar, pemain penyerangan Semen Padang sulit dihentikan jika sudah berkelit di depan.(h/mat)HALUAN 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar