Featured Video

Jumat, 23 Desember 2011

Lembah Anai Longsor-Sumbar


PADANG PANJANG, HALUAN — Kawasan Lembah Anai, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, tepatnya menjelang pendakian Silaing Kariang dari arah Kota Padang Panjang kembali mengalami longsor, Kamis (22/12) sore. Hal ini menyebabkan kemacetan sepanjang 2 km dari kedua arah.

Petugas dari satuan Polisi lalu Lintas Polres Padang Panjang terpaksa memberlakukan sistem buka tutup menjelang datangnya alat berat untuk memindahkan tanah longsor yang menimbun bagian badan jalan.
Kasat Lantas Polres kota Padang Panjang Arie Sofandi Paloh dari lokasi longsor kepada Haluan kemarin sore mengatakan, longsor terjadi akibat hujan yang turun sejak siang. Tanah longsor bercampur bebatuan turun dari bukit sebelah kanan jalan. Agar tidak menimbulkan macet total, longsoran tersebut sore itu juga dipindahkan.” Menjelang alat berat datang saya terpaksa menurunkan personil untuk mengatur buka tutup, namun demikian antrian kendaraan tak terhindarkan” kata Arie Sofandi Paloh.
Menurut Kapolres Kota Padang Panjang Sofyan Hidayat, kemacetan tidak hanya akibat longsor yang memang sudah sering terjadi di kawasan Lembah Anai, tetapi diperparah dengan banyaknya kendaraan yang hendak menuju Solok dan Jakarta dialihkan melewati Padang Panjang akibat jalur jalan Sitinjau Laut masih dalam perbaikan.
Hal itu, kata Sofyan Hidayat menyebabkan waktu tempuh Padang - Padang Panjang semakin lama. Biasanya antara Padang- Padang Panjang hanya ditempuh sekitar 1,5 jam, namun sejak jalan Sitinjau Laut dalam perbaikan bisa bisa memakan waktu 5-6 jam. Kemacetan juga muncul akibat perbaikan jembatan di Pasar Usang Padang Pariaman.
Tak heran jika banyak kendaraan mencari “ jalan mancit “ sebagai jalur alternatif menuju Padang dan sebaliknya. Ada yang menggunakan jalan dari Pasar Usang dan tembus ke Bandara Kataping. Ada yang masuk dari Lubuk Alung dan sama sama keluar ke Kataping. “Saya mencari jalan mancit dari Pasar Usang menuju Kataping karena banyaknya kendaraan antre melewati jembatan Pasar Usang dari kedua arah “ kata D Dt Itam.
Seringnya terjadi kemacetan Padang Panjang - Padang juga menimbulkan kecemasan bagi calon penumpang pesawat yang datang dari arah Padang Panjang. Mereka harus berangkat secepatnya agar tidak terjebak macet sehingga tidak ketinggalan pesawat.
Berdasarkan pengamatan Haluan, penga­lihan jalur angkutan penumpang dan barang menuju Solok ke Padang Panjang juga menyebabkan kerusakan jalan terutama antara Padang Panjang menuju Solok. Iring-iringan angkutan barang jenis kendaraan berat seperti tronton dan interculer bukan hanya menyu­litkan pengendara di belakangnya untuk mendahului, akan tetapi menyebabkan aspal jalan retak, kemudian pecah dan akhirnya berlubang. (h/one)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar