Featured Video

Sabtu, 03 Desember 2011

Pemenang Lomba Cipta Puisi Padang Terbang Ke Malaysia


Padang,
Pemenang Lomba Cipta Puisi Padang 2011 tingkat nasional yang diselenggarakan Ikatan Alumni Don Bosco (IADB) Padang sejak Agustus lalu, akhirnya diberangkat kan ke Negeri Jiran Malaysia. Kunjungan ke Malaysia itu merupakan hadiah untuk para pemenang utama seperti dijanjikan panitia sebelumnya.
Ketua Panitia Lomba Cipta Puisi Padang 2011, Sastri Bakry, Kamis (1/12) menyebutkan, kegiatan di Malaysia dimulai Jumat (2/12) dan akan berakhir pada Senin (5/12/) mendatang.
Para pemenang Kurnia Hadinata, asal Pasaman, dinobatkan sebagai pemenang I dengan puisinya berjudul Epitaf Arau. Juara II Esha Tegar Putra (Padang) dengan judul Padang Kota Tercinta, di Padang Kita Bercinta dan juara III diraih F. Rizal Alief (Madura) dengan judul puisi Sepasang Puisi di Kota Tua.
Dari tiga orang pemenang itu, hanya Esha Tegar Putra (juara 2) yang menyatakan tidak dapat mengikuti kegiatan di Malaysia lantaran padatnya kegiatan sastra yang dilakukannya di awal Desember ini.
Di samping para pemenang, ikut serta dalam rombong an ke Malaysia itu para dewan juri, di antaranya Prof Eka Budianta (Jakarta), Pipiet Senja (Banten), Papa Rusli Marzuki Saria (Padang), Sastri Bakry (Padang), Nita Indrawati (Padang), dan Muhammad Subhan (Padang Panjang).
Sejumlah kegiatan yang akan dilakukan di Malaysia, di antaranya: baca puisi NUMERA (Nusantara Melayu Raya) bersama sastrawan-sastrawan Malaysia di Rumah Pena, mengunjungi Museum Sastra, kunjungan ke Melaka, berziarah ke Makam Hang Tuah, Hang Jebat, serta melakukan jumpa penulis dengan TKW-TKW Malaysia yang tergabung di dalam Forum Lingkar Pena (FLP) Malaysia.
“Banyak ilmu dan pengalaman nanti yang dapat kita ambil di Malaysia khususnya tentang kegiatan-kegiatan kesusastraan di negeri jiran itu. Malaysia memberikan apresiasi yang sangat luar biasa terhadap kegiatan sastra,” ujar Sastri Bakry.
Lomba Cipta Puisi Padang 2011 diselenggarakan IADB Padang dalam rangka untuk menggairahkan kegiatan tulis menulis di kalangan masyarakat, khususnya di Sumbar. Antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya karya puisi yang masuk.
Selain tiga pemenang dengan hadiah utama Wisata Sastra ke Malaysia tersebut, dewan juri juga memilih 7 Puisi Terpuji, yaitu: Padang, Petang dan Puisi (Hakimah Rahmah Sari, Padang), Cerita Bergambar Padang Buat si Sayang (Karta Kusumah, Padang), Di Pantai Padang, Aku Mengingat Beberapa Kejadian (Yori Kayama, Padang), Pantai Purus Tepi Kota (Budi Saputra, Padang), Hikayat Seorang Wanita di Pucuk Bukit (Dedi Supendra, Pariaman), Menulis Kangen; Padang (Dodi Prananda, Depok), dan Kepada Mandeh (Inung Imtihani, Depok).
(rel)
Singgalang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar