Featured Video

Senin, 19 Desember 2011

Super Lindan-bulutangkis


AFPTunggal putra China, Lin Dan.

JAKARTA,
 Lin Dan menyabet gelar juara dalam debutnya di ajang Final Superseries. Pada partai puncak turnamen akhir tahun tersebut, Minggu (18/12/11) di Liu Zhou, China, Lin Dan menaklukkan kompatriotnya dari China, Chen Long, dengan straight game 21-12, 21-16.


Kemenangan ini semakin menegaskan predikatnya sebagai pebulutangkis paling sukses sepanjang masa. Pasalnya, dia berhasil merengkuh semua gelar bergengsi di arena bulu tangkis, mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, Piala Dunia (turnamen yang terakhir dilaksanakan pada 2006 setelah sempat vakum 7 tahun dari 1998-2004), Piala Thomas, Piala Sudirman, All England, Asian Games, dan Kejuaraan Asia.

Kini, pemain berusia 28 tahun tersebut menyempurnakannya dengan gelar Final Superseries, yang tak pernah diikuti sejak pertama kali dilangsungkan pada 2008. Maka, julukan "Super Dan" bukan sebuah sanjungan semata, tetapi pemain kidal kelahiran Longyan, Fujian, ini membuktikannya dengan deretan gelar juara. Sehingga, dia menyempurnakan gelarnya menjadi "Super Grand Slam".

Sebelumnya, gelar tunggal putra turnamen berhadiah 500.000 dollar AS ini selalu menjadi milik pemain nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei. Tetapi perjalanan Chong Wei terhenti di semifinal, karena ditaklukkan Chen Long.

Namun di final ini, Chen Long tak mampu memberikan perlawanan yang seimbang. Sempat memimpin perolehan poin di awal game pertama dalam kedudukan 10-7, Chen Long kemudian tertahan dan setelah itu Lin Dan mengambil alih kendali permainan sampai menang 21-12.

Mirip game pertama, pada game kedua pun Chen Long hanya bisa mengimbangi Lin Dan di awal pertandingan. Selepas kedudukan 11-11, Lin Dan menjauh lagi berkat raihan enam poin secara beruntun, sebelum menang 21-16, sekaligus menambah rekor kemenangannya atas Chen Long jadi 4-0.

Di event akhir tahun ini, China menyabet empat gelar. "Negeri Tirai Bambu" tersebut hanya kehilangan gelar di sektor ganda putra, setelah wakil mereka Chai Biao/Guo Zhendong ditaklukkan pasangan Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen-.Kompas.com


TERKAIT:


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar