Featured Video

Senin, 16 Januari 2012

Kabur Saat Musibah, Kapten Costa Concordia Dijuluki 'Kapten Pengecut'


Foto: Reuters
Roma - Kapten kapal Costa Concordia, Francesco Schettino telah ditahan polisi menyusul insiden karamnya kapal pesiar Italia tersebut. Selain ditahan atas peristiwa yang menewaskan enam orang tersebut, pria berumur 52 tahun itu juga dituduh telah meninggalkan kapalnya jauh sebelum seluruh penumpangnya dievakuasi.

Ancaman hukuman maksimum atas dakwaan ini adalah 12 tahun penjara. Namun sang kapten membantah tuduhan ini. Menurutnya, dirinyalah yang terakhir pergi meninggalkan kapal yang dijuluki "Titanic" Italia itu.

Namun para jaksa menyebut cara Schettino menangani kapal raksasa tersebut sebagai "tidak pada tempatnya."

Atas perbuatannya itu, beberapa penumpang yang marah menjuluki Schettino sebagai "Kapten Pengecut". Bahkan sejumlah penumpang yang selamat menyebut kolega-kolega senior Schettino juga pergi meninggalkan mereka di saat-saat kapal akan kandas.

Dua orang penumpang, perwira militer Prancis Ophelie Gondelle dan perwira polisi Prancis David Du Pays, mengaku melihat sang kapten dengan ditutupi selimut berada dalam sebuah sekoci, jauh sebelum semua penumpang dievakuasi dari kapal.

Ketika ditanya mengenai tuduhan Schettino telah meninggalkan kapal lebih dulu, jaksa senior Francesco Verusio membenarkan hal tersebut. "Sayangnya, saya harus mengkonfirmasi hal tersebut," tuturnya seperti dilansir Daily Mail, Senin (16/1/2012).

Kapal pesiar mewah Italia tersebut menabrak batu karang saat melintasi Pulau Giglio, Italia. Diduga sang kapten sengaja berlayar terlalu dekat ke daratan karena ingin 'menyapa' seorang temannya yang berada di pinggir pantai.

Sejauh ini enam orang telah ditemukan tewas dalam musibah tersebut sementara 15 orang lainnya hingga kini masih dinyatakan hilang. http://www.detiknews.com


(ita/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar