Featured Video

Minggu, 05 Februari 2012

"Sejuta Impian di Ranah Minang"


KOMPAS.com/Aris F HarvendaUji-coba All-New Avanza di Ranah Minang


PADANG,
 Untuk menguji kemampuan Toyota All-New Avanza – khususnya varian Veloz - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar acara test drive  untuk wartawan bertajuk "Sejuta Impian di Ranah Minang" (22-24/11), Sumatera Barat. Untuk ini digunakan 10 unit, All-New Avanza dari berbagai varian.  Rute tes, Padang – Bukitinggi dan kembali ke Padang.
KOMPAS.com mendapat jatah mencoba All-New Avanza Veloz bertransmisi otomatik. Sebuah pengalaman menarik menguji performa varian tertinggi Avanza ini. Pasalnya, rute yang dilalui cukup menantang dengan menu menanjak, menurun, berkelok, jalan sempit dan berinteraksi dengan pengendara motor yang tak mau kalah.
Terasa banyak perbedaan antara Avanza lama dengan Veloz saat berada di balik kemudi. Posisi mengemudi bisa lebih nyaman karena setir yang bisa diatur ketinggiannnya dan desain dasbor yang lebih bagus. Bahkan, audio bisa dikontrol dari setir.
Perbedaan pertama yang terasa adalah tenaga yang terasa tak jauh berbeda saat berakselerasi. Menurut brosur memang ada penurunan tenaga yang disinyalir merupakan dampak penggunaan katalisator (catalytic converter) pada saluran buang. Menurut TAM, hal tersebut dilakukan untuk menekan emisi yang diklaim sudah mencapai standar Euro4.
Kinerja yang menarik adalah perubahan pada suspensi. Kebetulan rute yang ditempuh cocok untuk menguji stabilitas. Ternyata, Veloz mampu menghasilkan stabilitas lebih baik dari pendahulunya. Namun jika di tumpangi 2 orang atau sendiri, terasa menghasilkan peredaman yang lebih baik.
http://regional.kompas.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar