Featured Video

Minggu, 05 Februari 2012

8 Mahasiswa Unhas Ikut Kompetisi di Harvard University


8 Mahasiswa Unhas Ikut Kompetisi di Harvard University
(Tribun Timur/Muhammad Abdiwan)
Rektor Universitas Hasanuddin (unhas), Idrus Patturusi dengan para mahasiswa Unhas 


 MAKASSAR - Sebanyak delapan mahasiswa delegasi Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar akan berkompetisi di bidang Diplomasi terhadap mahasiswa universitas terbaik dunia Harvad University dan sejumlah mahasiswa kampus ternama se dunia dalam Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2012

Kompetisi yang memainkan peran sebagai delegasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) atas negara tertentu itu akan berlangsung di Harvad Unversity dan Boston Park Plaza, Amerika Serikat, (16/2/2012).
Kompetitor tersebut didaulat jurusan Hubungan Internasional (HI) yakni Biondi Sanda Sima (HI) sebagai Ketua Delegasi, Bama Andika Putra (HI), Mujahidah Suardi (HI), Abdul Razaq Cangara (HI),  Sabir (HI), Rillyan Nur Ramadhani (FE), Iona Hiroshi Rombot (FH), dan Mikel Kelvin (FH).
Kedelapan mahasiswa tersebut telah mengikuti serangkaian proses Seleksi dalam bentuk konferensi Model Perserikatan Bangsa-Bangsa secara langsung di Jakarta (29/5/2011).
Mereka akan dipandu Faculty Advisers, yaitu Dosen Hubungan Internasional Unhas  Muhammad Ashry Sallatu, SIP., MSi dan Abdul Rahman Farisi, SE., MSi.
Dalam konferensi sekaligus kompetisi Model Perserikatan Bangsa-bangsa paling bergengsi di dunia itu, delegasi Unhas akan mewakili Montenegro, suatu negara yang baru saja merdeka di tahun 2006 dan terletak di sebelah selatan benua Eropa.
Kedelapan delegasi akan bersaing dengan delegasi negara lain untuk mengangkat negara baru itu. Beberapa negara lain juga akan diperjuangkan mahasiswa Unhas itu di forum PBB.
"Terpilihnya delegasi Unhas mewakili Indonesia dalam HNMUN 2012 bertujuan untuk memberikan bekal bagi mahasiswa/i berprestasi Universitas Hasanuddin dalam memperdalam minat dan bakat mereka terkait hubungan internasional," kata Ashry yang akrab disapa Gego itu kepada Tribun Timur, Makassar, Minggu (5/2/2012)
"Mereka juga akan mendapat pengalaman mengatasi permasalahan yang langsung dihadapi oleh para diplomat negara, mengumpulkan ide-ide baru, informasi, beragam perspektif internasional, dan kritik untuk membangun solusi bagi Indonesia di masa yang akan datang," tambah Gego.
Delegasi tersebut dituntut memahami permasalahan-permasalahan global dan permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia dan negara-negara lain sebagai investasi masa depan untuk membantu negara ke arah yang lebih baik.
Di samping itu, delegasi ini akan membawa nama Unhas dalam misi akademis menjadi universitas kelas dunia, dan berada di garis yang sejajar dengan universitas-universitas terbaik di Indonesia.
Mahasiswa itu juga akan membawa misi kebudayaan Visit South Sulawesi 2012 melalui berbagai rangkaian social events dan pertukaran kebudayaan, seperti Cultural Night dan Global Village di tiga kota besar di Amerika Serikat, yakni Boston, New York, dan Washington DC.
"Pengiriman delegasi Universitas Hasanuddin ini pun dapat terealisasikan berkat dukungan dan kerjasama Universitas Hasanuddin dengan berbagai pihak sponsor, antara lain Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan, PT. Vale,  Bosowa Corporation, PT. Semen Tonasa, Chambers Makassar serta dengan melibatkan berbagai Media Partner, antara lain Tribun Timur dan Celebes TV
"Tidak hanya dalam hal pengalaman internasional bagi delegasi, tetapi juga menyediakan kesempatan bagi pemuda untuk menjadi calon pemimpin bangsa yang berkualitas, serta dalam memupuk sejumlah keahlian lain yang penting bagi kemajuan Indonesia" jelas Gego.

Editor: Hendra Gunawan  |  Sumber: Tribun Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar