Featured Video

Jumat, 02 Maret 2012

AS Siapkan Rencana Kemungkinan Serangan ke Suriah


Foto: Press TV
Washington, Situasi Suriah kian memburuk. Pentagon pun telah menyiapkan "rencana detail" untuk serangan militer terhadap Suriah jika sewaktu-waktu Presiden AS Barack Obama mengeluarkan perintah penyerangan!

Menurut seorang pejabat senior AS, dalam rencana tersebut mencakup beberapa jenis operasi, jumlah personel serta jenis-jenis peralatan militer yang dibutuhkan.

"Ada banyak gagasan yang bermunculan," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya itu seperti diberitakan CNN, Jumat (2/3/2012).

Sebelumnya sejumlah pejabat tinggi AS gencar menyuarakan dukungan mereka untuk menekan Presiden Suriah Bashar al-Assad agar meletakkan jabatannya. Termasuk mendukung pengiriman senjata untuk membantu kelompok-kelompok oposisi Suriah.

"Jika kita tak bisa memaksa Assad menyerah pada tekanan yang datang dari kita semua, kami mungkin harus mempertimbangkan langkah-langkah tambahan," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland. Namun Nuland tidak menjelaskan langkah apa yang dimaksudnya.

Sementara Senator AS, John McCain menyerukan komunitas untuk membantu menyediakan peralatan militer ke kelompok-kelompok bersenjata di Suriah.

Suriah telah mengalami pergolakan sejak pertengahan Maret 2011 lalu. Rezim Suriah menyalahkan kelompok-kelompok teroris sebagai pemicu konflik yang telah menelan ribuan jiwa itu. Bahkan Assad menuding, pergolakan tersebut didalangi dari luar negeri.

(ita/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar