Featured Video

Selasa, 03 April 2012

Barcelona dan Chelsea siapkan jalan ke semifinal Liga Champions



Paris, Juara bertahan, Barcelona, dan finalis 2008, Chelsea, akan menyiapkan jalan untuk semifinal Liga Champions pada pekan ini, ketika mereka masing-masing berhadapan dengan AC Milan dan Benfica pada pertandingan kedua perempat final.

Barcelona akan menjalani pertandingan kedua di Camp Nou, usai hasil 0-0 saat melawan Milan pada pertandingan pertama, di saat mereka berupaya untuk menjadi tim pertama yang dapat mempertahankan trofi tersebut sejak kejuaraan tersebut berganti bentuk pada musim 1992-1993.

Chelsea memiliki keunggulan 1-0 atas lawan mereka yang berasal dari Portugal, yang berniat memperbaiki penampilan setelah tampil mengecewakan pada pertandingan pertama.

Pertandingan perempat final lain kemungkinan akan menghasilkan juara sembilan kali, Real Madrid, dan juara empat kali, Bayern Muenchen, melaju ke semifinal, ketika mereka menjamu APOEL dan Marseille, setelah menang 3-0 dan 2-0 pada pertandingan tandang pekan lalu.

Barcelona akan berupaya mendominasi Milan dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di San Siro, di mana mereka dibuat frustrasi karena kondisi permukaan lapangan dan tangguhnya pertahanan tim Italia tersebut.

Raksasa Katalan tersebut akan mendapat suntikan semangat dengan kembalinya Cesc Fabregas, yang absen pada pertandingan pertama dan saat Barca menang atas Athletic Bilbao di Liga Spanyol pada Sabtu, karena masalah cedera punggung.

"Kami telah menangani hal itu dan hari (Sabtu) ini, ia sudah lebih baik," kata pelatih Barca, Pep Guardiola. "Maka meski ia terpaksa ditinggal untuk pertandingan melawan Bilbao, ia akan berada di sini pada Selasa."

Penyerang Barcelona, Pedro Rodriguez, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekan setimnya perlu untuk lebih waspada saat melawan Milan, yang memaksa mereka bermain imbang 2-2 pada fase grup di Camp Nou pada awal musim ini.

"Milan memiliki pemain-pemain hebat, dan tidak diragukan lagi, bahwa mereka akan meyulitkan kehidupan kami," ucapnya.

Ia menimpali, "Bahkan, jika kami mendominasi permainan, kami tidak dapat menjadi puas sebab mereka mampu mencetak gol pada setiap kesempatan."

Selain itu, ia berujar, "Mereka adalah tim yang tangguh untuk ditaklukkan, namun dengan dukungan penonton, kami berharap dapat melakukan performa bagus dan lolos ke putaran selanjutnya."

Sosok yang mencetak gol pertama Milan saat imbang 2-2, Alexandre Pato, dapat kembali bermain setelah kembali dari Amerika Serikat, di mana ia menjalani perwatan untuk memulihkan cedera otot yang telah membuatnya menepis sejak 25 Februari.

"Ia siap dan dapat dipilih oleh (pelatih Massimiliano) Allegri," kata dokter klub, Jean-Pierre Meerssman.

Allegri mengistirahatkan bek veteran Alessandro Nesta (36) saat Milan ditahan imbang 1-1 oleh Catania pada akhir pekan, sementara gelandang Belanda, Clarence Seedorf (35) diharapkan dapat mengulang kembali penampilan mengagumkan seperti yang diperlihatkannya pekan lalu.

Bagaimana pun juga, Allegri meragukan veteran Belanda, Mark van Bommel (34), yang mendapat sanksi larangan bermain pada pertandingan pertama, namun saat ini kesulitan untuk pulih dari cedera punggung.

Chelsea bangkit dari keterpurukan sejak Roberto Di Matteo menggantikan Andre Villas-Boas, dengan memenangi enam dari delapan pertandingan di bawah asuhannya, dan memasuki pertandingan melawan Benfica dengan kepercayaan diri tinggi.

Bagaimanapun, Di Matteo meragukan kebugaran Didier Drogba dan David Luiz menjelang pertandingan tersebut.

"David memiliki masalah pada pergelangan kakinya saat ini. Kami akan mengkaji bagaimana kondisi terakhirnya, dan saya tidak tahu mengenai Rabu. Didier adalah pemain lain yang akan kami perhatikan kondisinya pada 48 jam berikutnya," kata Di Matteo.

Benfica harus mengkhawatirkan bahwa sepanjang sejarah hanya ada dua klub yang kalah pada pertandingan kandang di fase gugur Liga Champions, dan kemudian meraih kemenangan - Ajax saat melawan Panathianikos pada semifinal musim 1995/1996 dan Inter Milan pada musim lalu saat mereka menghadapi Bayern Muenchen di 16 besar.

Meski demikian, pelatih Benfica, Jorge Jesus, yakin bahwa anak-anak asuhnya - yang melaju dengan menyingkirkan juara Inggris, Manchester United, di fase grup - dapat mengatasi Chelsea.

"Kami tidak layak kalah pada pertandingan pertama; mereka mengambil satu-satunya kesempatan mereka. Bagaimana pun juga, kami dapat melaju sampai sini dan mendapatkan hasil bagus, sebab kami dapat mencetak gol pada pertandingan-pertandingan tandang sejauh ini, maka kami dapat dengan mudah pergi ke sana dan menang," ujarnya menambahkan.
(Uu.H-RF/I015)
Editor: Priyambodo RH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar