Featured Video

Selasa, 03 April 2012

Peluang Barcelona Justru 'Paling Kecil' Sebaliknya, tiga tim unggulan lain menuai hasil positif di kandang lawan.


AC Milan Vs Barcelona (REUTERS/Max Rossi)
 Barcelona akan kembali membongkar pertahanan rapat AC Milan guna memuluskan ambisinya mencatat sejarah di ajang Champions League. Namun siapa yang menyangka justru Barcelona kini menjadi satu-satunya tim unggulan yang 'paling kecil' berpeluang lolos ke babak semifinal.


Pertandingan leg 1 babak perempatfinal pada 27 Maret dan 28 Maret lalu memang melahirkan tren unik. Empat tim unggulan yakni Barcelona, Real Madrid, Chelsea dan Bayern Munich harus melakoni laga tandang pada leg pertama.

Hasilnya, justru hanya Barcelona yang belum memastikan satu kakinya ke babak semifinal setelah ditahan imbang AC Milan dengan skor 0-0. Ini menjadi hasil imbang tanpa gol pertama yang dituai Barcelona dalam 30 laga Eropa mereka.

Sebaliknya, tiga tim unggulan lain menuai hasil positif di kandang lawan. Real Madrid menghajar APOEL Nicosia 0-3, Chelsea mengalahkan Benfica 0-1 dan Bayern Munich menekuk Olympique Marseille 0-2.

Namun, Barcelona tetap boleh pede meski terbilang kini 'paling kecil' berpeluang lolos ke babak empat besar. Selain harus bertemu dengan lawan paling berat, Barcelona sebenarnya juga mampu tampil dominan mengurung pertahanan Milan di San Siro.

Misi Penuh Rekor Barcelona
Selain itu, Barca punya motivasi berlipat saat bersua Milan di leg 2, Selasa 3 April 2012 nanti. Tim Katalan ini tengah  mengejar rekor. Pasukan Pep Guardiola berusaha menjadi tim pertama menjadi juara Liga Champions berturut-turut. Lima kali penampilan di semifinal beruntun juga akan membuat Barca menyamai rival bubuyutan Real Madrid di era 1956-1960.

Sedangkan Pemain Terbaik Dunia FIFA, Messi butuh satu gol lagi untuk mematahkan rekor di Champions League dengan 12 gol yang dicetaknya musim lalu dan Ruud van Nistelrooy pada 2003. Messi juga sedang mengejar rekor gol ke-50 di Champions League.

Striker Argentina ini sudah mengemas gol ke-56 musim ini dari titik penalti saat Barca menaklukkan Athletic Bilbao 2-0 di Camp Nou, Sabtu lalu. Hasil ini membuat Barca menjaga jarak 6 poin dengan pimpinan klasemen La Liga, Real Madrid.

Barcelona tak pernah kalah di kandang di Eropa sejak Oktober 2009. Terakhir, Barca merasakan kekalahan di Camp Nou saat dikalahkan Rubin Kazan 1-2. Sebaliknya, Milan justru tak pernah merasakan kemenangan sepanjang perhelatan Champions League musim ini. Milan hanya menuai tiga kali imbang dan sekali kalah di laga tandang.

Tapi, Rossoneri tetap harus diwaspadai Barca karena pernah menahan imbang 2-2 di Camp Nou di fase grup pada September 2011. Dan hasil 0-0 di San Siro tak mengharuskan Milan menang di Camp Nou. Tapi, hanya dengan mencetak gol dan tak kalah alias seri, Milan akan lolos.

"Milan punya banyak pemain hebat. Mereka tim hebat dan akan membuat kami kesulitan. Kami mungkin akan mendominasi permainan. Tapi, kami takkan bisa rileks karena mereka bisa mengubah permainan dengan cepat," kata Pedro kepada Reuters.

Barcelona Terancam Tanpa Sang Maestro
Jelang menghadapi AC Milan, Barcelona mendapat kabar buruk. Playmaker terbaiknya, Xavi Hernandez dikabarkan mengalami cedera otot dan terancam absen. Kemungkinan besar tempatnya akan digantikan Thiago Alcantara.

Berdasarkan laporan El Mundo Deportivo, Xavi hanya bermain 15 menit saat Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 2-0 di ajang La Liga pada akhir pekan lalu. Maestro lini tengah Barca ini juga harus melewatkan latihan hari Minggu lalu karena cedera otot.

Sampai sejauh ini masih belum diketahui seberapa parah cedera pemain 32 tahun ini. Dia akan menjalani serangkaian tes pada sesi latihan Senin pukul 18.00 waktu setempat. Tes itu akan menentukan apakah dia bisa tampil melawan Milan.

Xavi merupakan didikan akademi Barca, La Masia. Sejak menjalani debut pada 1998, Xavi telah menorehkan 72 gol dari 617 penampilan. Ia dikenal sebagai otak permainan Barcelona karena kemampuannya mengatur serangan plus umpan-umpan akuratnya. Yang jelas kehilangan Xavi tentu akan menjadi kerugian besar bagi Barcelona.

Namun, Milan juga masih terancam tak diperkuat Alexandre Pato. Striker Brasil ini masih mengalami masalah cedera punggung meski harapan untuk memainkan Pato akan ditentukan dari hasil diagnosa spesialis punggung di Amerika Serikat.

Jika Pato diizinkan bermain, tentu itu akan menjadi suntikan semangat bagi kubu Milan. Ia bisa menjadi kartu as Milan karena pernah mencetak gol cepat saat menahan Barca 2-2.

"Selasa ini akan menjadi laga yang sangat sulit," kata pelatih Milan, Massimiliano Allegri. "Kami tak butuh motivator apapun. Kami hanya harus tampil sempurna."

Alessandro Nesta yang mampu menjaga Messi di leg 1 diistirahatkan saat Milan ditahan Catania 1-1 karena mengalami cedera ringan. Tapi, pemain 36 tahun ini mungkin bisa tampil di Camp Nou. Bek kanan Ignazio Abate dan gelandang Alberto Aquilani kembali beraksi saat melawan Catania.

Kiper Christian Abbiati masih mengalami cedera ringan, tapi kemungkinan bisa tampil. Hanya Thiago Silva, Mark van Bommel dan Gennaro Gattuso
yang dipastikan absen.

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
Barcelona: 
1-Victor Valdes; 2-Dani Alves, 14-Javier Mascherano, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol; 11- Thiago Alcantara, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 4-Cesc Fabregas, 10-Lionel Messi, 9-Alexis Sanchez

AC Milan: 32-Christian Abbiati; 20-Ignazio Abate, 25-Daniele Bonera, 5-Philippe Mexes, 77-Luca Antonini; 22-Antonio Nocerino, 23-Massimo Ambrosini, 10-Clarence Seedorf; 27-Kevin-Prince Boateng; 70-Robinho; 11-Zlatan Ibrahimovic.

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar