Featured Video

Rabu, 11 April 2012

Gempa Aceh 8,5 SR, Thailand Juga Keluarkan Peringatan Tsunami


Ilustrasi (AFP)
Bangkok, Tidak hanya di India saja, Thailand juga mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi berkekuatan 8,5 Skala Richter (SR) yang melanda Simeuleue, Aceh. Peringatan tsunami dikeluarkan untuk dua provinsi di bagian selatan Thailand, yakni Provinsi Phuket dan Phangnga.

"Provinsi-provinsi tersebut telah mengaktifkan sirene peringatan dan meminta semua orang di wilayah Phuket untuk bergerak ke tempat yang aman," demikian pernyataan dari Pusat Pencegahan Bencana dan Mitigasi Phuket kepada Reuters, Rabu (11/4/2012).

Sedangkan otoritas Phangnga menyatakan, pihaknya juga mengintruksikan warga untuk mengungsi menyusul adanya peringatan tsunami. "Kami telah memperingatkan warga di setiap distrik untuk segera mengungsi karena adanya potensi tsunami," jelasnya.

Otoritas Thailand juga memerintahkan evakuasi bagi warga yang berada di wilayah pantai Andaman. Pusat Penanggulangan Bencana Nasional Thailand menyarankan setiap warga untuk menjauhi wilayah pantai bagian selatan Thailand dan segara mengungsi ke daerah-daerah yang lebih tinggi.

Sebelumnya, otoritas India mengeluarkan peringatan tsunami menyusul gempa bumi yang juga terasa hingga ke wilayah Singapura, Malaysia, Thailand, dan India. Peringatan tsunami itu dikeluarkan untuk pantai-pantai timur India.

Pusat peringatan tsunami India menyatakan, gelombang tsunami setinggi hingga 6 meter bisa terjadi di sepanjang pantai timur India. Gelombang tsunami yang lebih kecil diperkirakan juga bisa terjadi di pulau-pulau terpencil Andaman dan Nicobar.

Sedangkan menurut Pusat Peringatan Tsunami Wilayah Pasifik di Hawaii, gempa ini berpotensi tsunami yang akan berdampak di wilayah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Kepulauan Maldives, wilayah Samudera Hindia lainnya, Malaysia, Pakistan, Somalia, Oman, Iran, Bangladesh, Kenya, Afrika Selatan dan Singapura.

(nvc/ita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar