Featured Video

Kamis, 24 Mei 2012

Rekor Baru Tercipta Jika Kembali Ada Pemenang Berbeda



Getty Images
Jakarta - Akhir pekan ini balapan F1 akan memasuki seri keanam, GP Monako. Dengan lima pebalap sudah memenangi lima seri sebelumnya, rekor baru pun akan tercipta jika nanti kembali ada pemenang yang berbeda.

Jenson Button, Fernando Alonso, Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Pastor Maldonado sudah tampil jadi pemenang di lima seri sejauh ini.

Kini para pencinta F1 akan menanti apa di GP Monako, Minggu (27/5/2012), pemenang lain akan muncul sekaligus menorehkan rekor baru di dunia F1.

Berikut data dan fakta seputar GP Monako, seperti dikutip Reuters.


- Sudah ada lima pebalap berbeda memenangi lima seri awal musim ini. Sebelumnya hal itu baru pernah terjadi pada tahun 1983 (Nelson Piquet/John Watson/Alain Prost/Patrick Tambay/Keke Rosberg).

- Jika balapan kali ini kembali mengetengahkan pebalap berbeda, itu akan menjadi yang pertama di dalam sejarah balapan F1.

- Ferrari belum pernah meraih kemenangan lagi di Monako sejak 2001, lewat Michael Schumacher. Tetapi di dalam delapan balapan terakhir, sudah lima kali Ferrari mencatat waktu lap tercepat di sini.

- Dari 11 balapan terakhir di Monako, tujuh pebalap peraih pole berhasil sekaligus mencatat kemenangan. Olivier Panis pernah mencatat capaian dahsyat dengan meraih kemenangan setelah start dari posisi 14.

- Mclaren menjadi tim tersukses di Monako dengan meraih 15 kemenangan.

- Di dalam lima tahun terakhir, Monako mengetengahkan lima pebalap berbeda (Sebastian Vettel/Mark Webber/Jenson Button/Lewis Hamilton/Fernando Alonso). Tujuh pebalap yang pernah memenangi GP Monako akan terlibat dalam balapan pada akhir pekan.

- Kecepatan rata-rata di Monako biasanya menjadi yang paling rendah dalam satu musim balapan, yakni sekitar 160 km/jam. Di sektor terowongan, kecepatan bisa melonjak ke angka 290 km/jam selama sesaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar