Featured Video

Minggu, 03 Juni 2012

854 KM SEPEDA MENGULAR DI 14 KABUPATEN-KOTA

TOUR DE SINGKARAK 2012

Sumatera Barat pantas berbahagia. Inilah satu-satunya provinsi di Indonesia yang punya iven olahraga yang memadukan wisata yang cukup berwibawa berkelas internasional.



Na­manya Tour de Sing­karak. Sudah tiga kali dilak­sanakan, dan sukses. Dam­paknya sudah dirasakan masyarakat. Kali ini yang keempat kalinya.
Melombakan 7 etape men­je­lajah sepanjang 854 km menembus 14 kota dan kabu­paten di Sumatera Barat. Inilah iven terbesar di Indo­nesia. Memadukan olahraga dengan wisata. Besok, Tour de Singkarak digelar dengan start di Kota Sawahlunto dan finish di Kota Padang. Diperkirakan, selama sepe­kan iven ini digelar, miliaran rupiah uang berputar, baik itu dari ako­modasi penginapan hotel, sou­venir, kuliner, be­lanja-belanja, sewa mobil lain-lain.
Perhelatan bertema “Sport Tourism” yang telah menjadi agenda tahunan Union Cyc­liste Interna­tionale (UCI) digelar mulai besok  Senin 4 Juni-Minggu 10 Juni 2012 ini bukan hanya diramaikan oleh 18 tim pebalap internasional, melainkan juga para wisa­tawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumatera Barat untuk menyak­sikan lomba serta menikmati keindahan alam dan budaya Mi­nang.
Kendati tak TdS 2012 tanpa kehadiran juara bertahan Tabriz Petrochemical dari Iran, diper­kirakan iven perpaduan tak wisata dan olahraga ini meriah.
Namun, bukan berarti tim-tim peserta, termasuk Indonesia, akan tampil tanpa hambatan dari para pebalap sepeda Iran. Pasalnya, Iran akan tetap diwakili oleh dua tim lainnya, yaitu Azad University dan Mess Kerman, yang juga sering berpartisipasi dalam iven-iven balap sepeda lainnya di tanah air.
Tantangan lain juga bakal datang dari juara Tour de Indonesia tahun lalu, Eric Sheppard. Pebalap asal Australia ini tahun ini bergabung dengan tim baru, Colossi Miche.
Sementara itu, Indonesia sendiri diwakili oleh delapan tim, termasuk tim tuan rumah Tuah Sakato. Ke-24 tim tersebut nantinya akan berlomba menempuh tujuh etape sejauh 854 km, demi mempere­butkan total hadiah seniali Rp1 miliar, dalam ajang yang digelar sepanjang 4-10 Juni ini. (h/naz)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar