Featured Video

Minggu, 03 Juni 2012

Tour de Singkarak 2012, Dari Sumbar untuk Dunia



Detiksport/Afif Farhan
Padang - Tour de Singkarak yang akan memasuki tahun keempatnya kali ini akan dimulai dua hari lagi (Senin 4 Juni). Selain mengedepankan sisi olahraga, event ini juga sekaligus jadi media pengenalan potensi pariwisata serta budaya Sumatera Barat.

Selain kenaikan jumlah pebalap dan negara peserta di mana tahu ini diikuti sekitar 120 atlet dari 18 negara--, pihak penyelenggara juga berusaha meningkatkan beberapa hal, seperti menambahkan dua kota baru (Sijunjung dan Pesisi Selatan) ke daftar rute, dan membuat jalur balapan level interasional ini lebih menantang.

Dengan total tujuh etape yang mencapai 856 km (melewati 14 kota/kabupaten), para pembalap akan berkompetisi untuk mendapatkan total hadiah sebesar Rp 1 Miliar yang akan ditentukan di hari terakhir, yakni 10 Juni.

Setiap kota dan kabupaten yang dilewati rute lomba akan menampilkan kesenian daerah masing-masing. Tidak hanya seni musik, tari dan kuliner, tapi juga kebudayaan dari daerah tersebut. Pada hari terakhir acara, akan diadakan Festival Rendang di Padang. Festival yang menghasilkan 5,2 ton rendang ini diharapkan bisa menarik perhatian.

Sawahlunto dipilih menjadi titik start Tour, dan Padang finish-nya. Pemilihan daerah ini mengikuti konsep Tour de France, yaitu start bisa dinamis namun titik akhir harus berada di ibukota.

"Di Sumatera Barat, perbukitannya bagus dan memiliki jalur balap sepeda yang menantang," kata Fauzi Bahar, Walikota Padang dalam sambutannya di press confrance di outlet Daihatsu, Jl Khatib Sulaiman no 101, Padang.

Dalam acara pembukaan yang juga dihadiri oleh Direktur Promosi Dalam Negeri, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparekraf), M Faried, panitia TDS 2012 juga menunjuk Daihatsu dan Hino sebagaiofficial car dalam perlombaan ini.

Hino memberikan delapan unit mikro bus dan empat unit truk untuk menunjang pagelaran ajang balap sepeda ini. Sementara PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyerahkan 28 unit mobil yang terdiri dari 25 unit minibus Gran Max, tiga unit Luxio serta dua unit mobil service Daihatsu.

Mobil Daihatsu akan digunakan untuk mendampingi tim sepeda yang bertanding. Sedangkan untuk Hino, akan digunakan untuk menampung media, vip, dan mengangkut sepeda serta logistik lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar