Featured Video

Senin, 11 Juni 2012

DITLANTAS PANTAU TDS LEWAT CCTV


Se­pan­jang delapan hari pelak­sanaan Tour de Singkarak (TdS) IV 2012, mendapat pengawasan langsung di pim­pinan Ditlantas Polda Sumbar lewat CCTV (Closed Circuit Television). Pengawasan ini dilakukan untuk dapat meng­koordinasikan kerja jaja­rannya di lapangan dengan perkembangan yang terjadi.

Menurut Dirlantas Polda Sumbar, Kombes Pol Drs Ibnu Isticha CCTV tersebut di­pasang pada salah satu ken­daraan pengawal milik PJR Ditlantas dan terhubung ke R-MTC (Regional Traffic Ma­na­gement Centre) milik Dit­lantas serta dipantau pejabat penting di Polda.
“Bapak Kapolda juga bisa memantau perkembangan ini melalui perangkat yang ada di Mapolda. Selain, pantauan pelaksanaan TdS di Sumbar juga terhubung dengan N-TMC (National Traffic Ma­nage­ment Centre) di Korlantas Polri di Jakarta,”sebut Ibnu yang mantan Kaden PJR Ditlantas Polri ini (sebelum­nya, Korlantas disebut dengan Ditlantas Polri)
Penggunaan alat peman­tau ini, menurut Ibnu meru­pakan bagian dari inovasi pihaknya untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat dan sumber informasi bagi pemangku kepentingan  di bidang kelalu­lintasan, teru­tama Polri.
Pihaknya menempatkan seorang programmer di ken­daraan pengawal TdS untuk terus mendukung pelaksanaan tugas serta menangkap mo­men-momen penting selama pelak­sanaan balapan.  Selain di kendaraan pengawal, seo­rang programmer juga di-standby-kan di R-MTC Ditlan­tas Polda Sumbar agar bisa saling ber­koordinasi dengan programmer di lapangan serta memastikan koneksi ter­hubung dengan baik.
“Terkadang, jika ada lokasi blankspot (daerah tanpa sinyal komunikasi), gambar yang terkirim dari CCTV ikut ter­putus. Tapi itu tak mengganggu pengawasan yang kami laku­kan,”sebut Ibnu. (h/mat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar