Featured Video

Senin, 11 Juni 2012

Kroasia tundukkan Irlandia 3-1





Dua gol dari Mario Manzukic dan satu lagi dari Nikica Jelavic membawa Kroasia menang besar 3-1 atas Republik Irlandia pada laga perdana kedua negara di Grup C Piala Eropa yang berlangsung di Stadion Miejski, Poznan, Polandia.

Pada menit 48 babak kedua, Mandzukic kembali melancarkan tandukan mautnya yang lagi-lagi tidak bisa dibendung kiper Irlandia Shay Given.  Bola sempat membentur tiang gawang namun mental lagi ke tubuh Given, untuk kemudian masuk menjadi gol.

Kroasia menciptakan gol pertamanya di menit 3, juga lewat sundulan Mario Mandzukic yang tak bisa ditahan Shay Given.

Republik Irlandia sempat menyamakan kedudukan di menit 20.  Memanfaatkan umpan brilian dari Aiden McGeady, bek Sean St. Ledger menanduknya untuk mengoversinya menjadi gol balasan.

Namun, dua menit menjelang 45 menit waktu normal berakhir, Nikica Jelavic mengantarkan Kroasia unggul kembali dari Irlandia.  Kroasia 2, Irlandia 1.  Kedudukan ini bertahan hingga akhir babak pertama.

Sepanjang pertandingan, Irlandia terus ditekan Kroasia dan hanya mengandalkan serangan balik.

Kroasia mendominasi permainan dengan 55 persen pengusaan bola, terlebih pada sepanjang babak pertama.

Irlandia berubah agak agresif di babak kedua dengan melancarkan 13 kali upaya merobek pertahanan Kroasia dan menciptakan gol, sedangkan Kroasia sendiri melakukan 15 upaya yang lima diantaranya tepat ke arah gawang.  Tiga diantaranya kemudian berbuah gol.

Dalam laga ini, Luka Modric dan Niko Kranjcar dari Krosia, serta Keith Andrews dari Irlandia, diganjar kartu kuning oleh wasit karena melakukan pelanggaran keras.

ESPN.com menyebutkan barisan pertahanan Kroasia tidak teruji benar karena lawannya bermain amat defensif sehingga tim dari Semenanjung Balkan-lah yang leluasa merajai lapangan di sepanjang pertandingan.

Republik Irlandia tampaknya berada dalam bahaya karena dua lawan mereka berikutnya, yaitu Spanyol dan Italia, akan terpacu mengikuti prestasi Kroasia, apalagi mereka membutuhkan kemenangan setelah hanya bermain imbang 1-1 beberapa jam sebelumnya.  (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar