Featured Video

Selasa, 19 Juni 2012

Penggugat SBY & Foke: Per Tahun, Warga DKI Habiskan 1 Bulan di Jalanan


Jakarta Agustinus Dawarja dan Ngurah Anditya menggugat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo lewat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) bukan tanpa dasar. Sebab berdasarkan data yang mereka perolah, gara-gara macet, dalam setahun warga Jakarta hidup di jalan selama 1 bulan.

"Kami serius. Data yang kami peroleh berdasarkan data Ditlantas Polda Metro Jaya," kata penggugat Ngurah Anditya saat berbincang dengan detikcom, Selasa (19/6/2012).

Dalam data tersebut dihitung-hitung waktu yang terbuang percuma oleh masyarakat untuk bermacet-macet di jalanan. Berdasarkan rata-rata waktu tempuh pengguna jalan pada waktu berangkat kerja dan pulang kerja yaitu selama 1,5 jam.

"3 jam itu jika dikalikan 5 hari kerja lalu dikalikan 4 minggu dalam satu bulan, hasilnya masyarakat menghabiskan 60 jam setiap bulan untuk hidup di jalanan," ujar Ngurah.

Lantas jika dihitung dalam 1 tahun maka artinya 60 jam dikalikan 12 bulan. Sehingga hasilnya 720 jam warga Jakarta harus dihabiskan di jalanan atau setara dengan 1 bulan.

"Selanjutnya jika dalam 1 hari waktu efektif kerja adalah 8 jam, maka 720 hari dibagi 8 jam kerja hasilnya setara dengan 3 bulan hari kerja efektif," beber Ngurah berapi-api.

Bagaimana jika warga yang menghabiskan waktunya 5 jam sehari hanya untuk berangkat-pulang ke tempat kerja? Berapa lama dia harus hidup di jalan dalam setahun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar