Featured Video

Jumat, 22 Juni 2012

Portugal maju ke semifinal Piala Eropa

Portugal menjadi tim pertama yang maju ke semifinal Piala Eropa 2012, setelah menyingkirkan Republik Ceko 1-0 dalam pertandingan perempat final di Warsawa, Polandia, hari Kamis malam (21/6) atau Jumat dini hari WIB.


Gol kemenangan Portugal dicetak oleh kapten Cristiano Ronaldo di menit ke-79 melalui sundulan kepala, dengan memanfaatkan umpan silang Joao Moutinho.

Sundulan pemain Real Madrid ini begitu keras, sehingga meski sudah ditahan oleh kiper Ceko, Petr Cech, bola tetap meluncur ke gawang.

Portugal bisa menjebol gawang Ceko lebih banyak, namun penampilan prima Cech membuat serangan demi serangan Portugal bisa diredam.

Temham Ronaldo, misalnya, dua kali membentur tiang gawang.

"Kami menciptakan banyak peluang dan bola menghantam gawang. Tapi akhirnya kami bisa mencetak gol. Kami senang bisa maju ke semifinal," kata Ronaldo.

"Kami tahu lawan yang akan kami hadapi akan sangat sulit, namun kami telah menyiapkan diri. Kami makin dewasa dan kami siap bertarung," tambah mantan pemain sayap Manchester United tersebut.

Lambat panas

Keberhasilan Portugal maju ke babak empat besar membuat para pemain yakin mereka bisa meneruskan perjalanan hingga ke partai puncak.

"Kami bisa sampai ke semifinal. Ini mimpi yang menjadi kenyataan dan kami akan terus berupaya keras agar bisa mewujudkan target kami," kata Nani.

Di babak penyisihan Grup B -yang mendapat julukan grup neraka- Portugal dikalahkan Jerman, namun lambat laut kinerja Portugal meningkat dan kini bisa lolos ke semifinal.

Dalam pertandingan pertama babak perempat final ini Portugal lambat panas, yang membuat para pemain Ceko bisa menekan Portugal di 20 menit pertama.

Tekanan Ceko tidak bisa dipertahankan dan Portugal menguasai pertandingan mulai pertengahan babak pertama hingga babak kedua berakhir.

Menghadapi serangan bertubi-tubi Ronaldo dan kawan-kawan, Ceko bertahan total dengan sesekali mencoba melancarkan serangan balik.

Portugal mengurung Ceko dari seluruh penjuru.

Pujian harus diberikan kepada Petr Cech yang membuat Portugal hanya bisa memasukkan satu gol.

Di semi final Portugal akan menghadapi pemenang pertandingan Jerman-Yunani, yang akan digelar Jumat malam (22/6) atau Sabtu dini hari WIB.



http://sport.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar