Featured Video

Selasa, 31 Juli 2012

Pejudo Wanita Arab Saudi Akhirnya Diizinkan Berjilbab



Reuters
London - Kabar baik datang untuk Pejudo Wanita Arab Saudi, Wojdan Shaherkani, setelah dirinya dizinkan untuk tetap mengenakan jilbab saat bertanding di Olimpiade 2012.

Wojdan adalah satu dari dua atlet wanita yang ada di dalam kontingen Arab Saudi yang bertolak ke London. Ini merupakan keberhasilan Komite Olimpiade (IOC) yang mampu "menekan" Arab Saudi bersama beberapa negara Islam lainnya seperti Qatar dan Brunei Darussalam, agar mengirimkan atlet-atlet wanita mereka.

Sebelumnya negara-negara Islam banyak yang menolak mengirimkan atlet wanita karena larangan mengenakan Jilbab.

Namun, niatan Wojdan memakai jilbab awalnya mendapat tentangan dari Federasi Judo Internasional (IJF) karena dinilai akan membahayakan Wojdan saat sedang bertarung dengan lawan.

Setelah dilakukan perundingan antara pihak Arab Saudi dengan IOC serta IJF, akhirnya Wojdan diperbolehkan mengenakan head scarf sebagai pengganti jilbab. Juru bicara IJF, Nicolas Messner, sudah mengonfirmasi jika Wojdan (16 tahun) boleh berlaga di nomor 78 kg.

"Mereka setuju dengan desain-nya dan dia akan bertanding dengan dengan mengenakan desain itu," tutur juru bicara tim Arab Saudi, Razan Baker, seperti dilansir Reuters.

Selain Wojdan, atlet wanita Arab Saudi lainnya adalah Sarah Attar yang turun di cabang atletik nomor lari 800 meter.

detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar