Featured Video

Kamis, 02 Agustus 2012

Liem Swie King: Yang Salah Pelatih

                             Liem Swie King




Jakarta - Mantan pebulutangkis top Liem Swie King heran dengan adanya "main sabun" di Olimpiade 2012. Menurut dia, diskualifikasi yang diterima ganda putri 'Merah Putih' merupakan tanggung jawab pelatih.


Seperti diberitakan sebelumnya, BWF menjatuhkan sanksi diskualifikasi kepada Greysia Polii/Meiliana Djauhari beserta tiga ganda putri lain; Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Jung Kyung-eun/Kim Ha-na dan Ha Jung-eun/Kim Min-jung (Korea Selatan) karena dianggap tidak bermain serius dan mencederai fair play.

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya. saya juga heran," ujar mantan pebulutangkis yang punya jump smashmaut itu kepada detikSport, Kamis (2/8/2012) siang WIB.

"Sistem pertandingan juga mempengaruhi. Memang kadang kita juga perlu ngalah menghindari lawan yang sulit untuk mendapat lawan yang lebih mudah tapi kalau mengalah sampai didiskualifikasi ya jangan," lanjut Swie King, yang ngetop pada era 70an itu.

"Saya rasa yang paling bertanggung jawab adalah pelatih yang di lapangan. Kalau PB PBSI kan tidak di lapangan. Mereka yang di lapangan itu yang tahu."

Muncul isu bahwa skandal ini bisa berpotensi membuat cabang olahraga bulutangkis dihapuskan dari Olimpiade selanjutnya. Isu itu sendiri sudah berhembus cukup lama karena olahraga ini dianggap tidak berkembang.

"Soal evaluasi itu saya belum tahu. Tapi kalau terjadi jelas yang rugi semuanya. Tapi saya yakin tidak akan sampai kesitu (bulutangkis dihapuskan), yang harus diperbaiki kan sistemnya bukan salah cabang olahraganya," tutup dia di ujung telepon.



sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar