Featured Video

Jumat, 10 Agustus 2012

PADANG MASUK TIGA BESAR NASIONAL


 Kota Padang masuk tiga besar terbaik nasional kategori kota besar, dalam pengem­bangan kawasan penyediaan rumah layak huni. Penilaian dilaksanakan oleh Deputy Bidang Pengembangan Kawasan, Kementerian Perumahan Rakyat.

Penilaian tersebut dilaksanakan sekaitan program pemberian penghar­gaan Adiupaya Puritama 2012 oleh pemerintah pusat untuk daerah yang peduli perumahan rakyat. Kota Padang akan bersaing dengan dua kota metropolitan atau kota besar lainnya yakni Bandung dan Makassar.
Kamis (9/8), Walikota Padang Fauzi Bahar didampingi Ketua DPD REI Sumbar, Alkudri melakukan presentasi yang dinilai 40 juri di Hotel Sahid Jaya Jakarta sekaitan penilaian Adiupaya Puritama tersebut.
“Ini prestasi tersendiri sekaligus kado istimewa untuk Kota Padang yang baru saja berulang tahun ke-343 tanggal 7 Agustus kemarin. Kita mohon dukungan warga kota agar presentasi Bapak Walikota Fauzi Bahar sukses dan Padang terpilih sebagai yang terbaik tingkat nasional ini,” kata Ketua DPD REI Sumbar, Alkudri kepada Haluan, Rabu (8/8).
Dihadapan 40  juri yang terdiri dari para Eselon I dan Deputi dari instansi terkait seperti Bappenas, Kementerian PU, Kemenpera dan Kementrian Lingkungan Hidup,  serta para pakar di bidang perumahan, Walikota Fauzi Bahar memaparkan program-program serta inovasi yang telah dan akan dilakukan oleh Pemko Padang dalam rangka menyediakan perumahan rakyat yang layak huni bagi warga.
Program tersebut dilaksanakan bersinergi kuat dengan DPD REI Sumbar serta pihak terkait lainnya.
Upaya yang dilakukan Padang selama ini diantaranya, empat hal yang berkaitan dengan bidang peruma­han, dokumen perencanaan dan perda, kemitraan dan kelembagaan, lingkungan, terobosan dan inovasi.
Kota Padang masuk 3 besar nasional setelah Kementerian PU dan Perumahan Rakyat melakukan penila­yan awal bulan lalu. Nilai plus yang diterima Padang diantaranya terobo­san, inovasi dan gagasan walikota seperti pendelegasian wewenang IMB ke kelurahan dan kecamatan, perda-yang mendukung perumahan ramah lingkungan, sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat serta pihak swasta.
Kemudian juga  dalam menyedia­kan perumahan yang layak huni bagi warga kota seperti 100 rumah bagi warga tidak mampu, yang dibantu pembangunannya oleh Yaya­san Buddha Tzu Chi di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang.
Penghargaan Adiupaya Puritama ini baru diadakan sejak tiga tahun yang lalu. Dan untuk tahun 2012 ini, Kota Padang sudah berhasil masuk tiga besar untuk kategori kota metropolitan atau kota besar seluruh Indonesia.
Ketua DPD REI Sumbar, Alkudri menambahkan,  keberhasilan Padang masuk tiga besar terbaik nasional kategori kota metropolitan itu sesuai surat dari Deputy Bidang Pengem­bangan Kawasan Nomor: 302/BK/UM.0308/VIII/2012 tanggal 3 Agustus 2012. Pada surat itu sekaligus  Undangan Presentasi Pemberian Penghargaan Adiupaya Puritama 2012  dengan tema “Sinergisitas Pemangku Kepentingan dalam Rangka Penye­diaan Rumah Layak Huni”.
Alkudri menjelaskan, penghargaan Adiupaya Puritama tersebut merupa­kan program pemerintah mendorong daerah dan pelaku usaha property serta pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan sinergi dalam penyediaan layanan rumah layak huni bagi masyarakat.
“Kota Padang di bawah kepemim­pinan Bapak Walikota Fauzi Bahar dan Wakil Walikota Mahyeldi, gencar membuat terobosan tentang rumah untuk warga. Kemudian sinergi dengan palaku usaha dan pemangku kepen­tingan yakni seperti segala perizinan dipermudah. 


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar