Featured Video

Kamis, 13 September 2012

Lorenzo dan Pedrosa Merangkak Naik di Buku Rekor


AFP/MICHAL CIZEKPebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa (kanan), dan pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo.


 Kandidat juara dunia MotoGP 2012, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa, terus merangkak naik dalam catatan rekor sepanjang masa di ajang balap motor. Dengan performa yang sekarang, bukan mustahil dua pebalap asal Spanyol tersebut terus memperbaiki rekor mereka.


Finis di posisi kedua di GP Ceko pada 26 Agustus lalu, membuat Lorenzo mencatat prestasi 55 kali naik podium dari total 79 kali tampil di ajang MotoGP. Itu membuat juara dunia 2010 tersebut mencatat rasio podium 69,6 persen. Dia mengalahkan juara dunia lima kali, Mick Doohan, yang memiliki rasio podium 69,3 persen.

Di era modern balap motor (sejak 1975), hanya Wayne Rainey yang tampil paling konsisten untuk finis di podium dibandingkan dengan Lorenzo. Tak heran bila Rainey berada di posisi teratas daftar pebalap yang paling konsisten naik podium, dengan rasio 77,1 persen.

Sementara itu juara dunia tujuh kali MotoGP, Valentino Rossi, turun ke posisi kelima, dengan rasio 66,7 persen. Ini lantaran "The Doctor" tampil sangat buruk selama dua musim terakhir bersama Ducati, di mana dia baru dua kali naik podium. Sedangkan Pedrosa ada di peringkat ketujuh dengan rasio 60,9 persen.

Untuk kategori jumlah kemenangan, Pedrosa hanya perlu satu lagi untuk menyamai prestasi Toni Mang dan Max Biaggi, yang menempati posisi 10 besar peraih kemenangan terbanyak sepanjang masa. Kemenangan di Brno, Ceko, membuat Pedrosa mencapai angka 41 kemenangan di semua kelas, yang membuatnya saat ini di urutan ke-11.

Giacomo Agostini masih menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di arena balap motor. Pebalap legendaris asal Italia itu membukukan 122 kemenangan, disusul Rossi dengan 105 kemenangan. Para pebalap yang masih aktif, Casey Stoner dan Lorenzo, ada di peringkat kedelapan dan kesembilan, dengan raihan 44 dan 43 kemenangan.

Namun untuk tim Honda, Pedrosa berhasil mengalahkan jumlah kemenangan Rossi, yang terhenti di angka 33, setelah pebalap Italia tersebut hengkang dari tim Jepang itu pada 2003 (Rossi di Honda dari 2000-2003). Saat ini Pedrosa menempati peringkat ketiga bersama dengan Mike Hailwood, kalah dari Mick Doohan di posisi teratas (54 kemenangan) dan Jim Redman di posisi kedua (45 kemenangan).

Dalam perburuan gelar juara dunia musim 2012, Pedrosa bersaing ketat dengan Lorenzo. Saat ini Pedrosa menempati peringkat kedua, hanya terpaut 13 poin dari pebalap Yamaha tersebut. Akhir pekan ini, mereka akan bertarung di Sirkuit Misano, San Marino, untuk melakoni seri ke-13 dari total 18 seri.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar