Featured Video

Rabu, 12 September 2012

Mengintip Wajah Pantai Tercantik di Pesisir Sumbar

Oleh: Faela Shafa - detikTravel

img

Panorama Pantai Carocok dari ketinggian (Sastri/ detikTravel)


img

Pantai Carocok di Kota Painan, Sumbar (Sastri/ detikTravel)


img

Gazebo di puncak Bukit Langkisau (Sastri/ detikTravel)


img

Jalan menuju puncak Bukit Langkisau (Sastri/ detikTravel)


Painan - Kalau Anda menyusuri pesisir barat Provinsi Sumatera Barat hingga tiba di Kota Painan, jangan buru-buru melanjutkan perjalanan. Singgahlah di Pantai Carocok yang konon tercantik di Ranah Minang.

Panorama memukau terbentang di depan mata. Birunya laut dan putihnya pasir pantai seakan mengintip dari sela-sela pepohonan. Walaupun nafas terkuras karena jalanan yang menanjak, tak sedikit pun saya menyesal. Panorama Pantai Carocok dari atas Bukit Langkisau memang luar biasa indah!

Suatu pagi di penghujung tahun 2010 lalu, langit tampak begitu cerah. Di puncak Bukit Langkisau itu saya menghela nafas. Gazebo berbentuk lingkaran menjadi tempat melepas lelah. Menikmati semilir angin pantai sambil menikmati Pantai Carocok dari ketinggian.

Banyak traveler yang bilang, Carocok adalah pantai terindah di pesisir Sumbar. Dari pantai inilah wisatawan bisa menyambangi beberapa pulau kecil seperti Cingkuak, Sikuai, dan Pagang. Pulau Cingkuak bisa dicapai dengan perahu, 10 menit perjalanan. Di pulau ini terdapat sebuah benteng peninggalan zaman Belanda.

Cingkuak tampak mungil sekali dari atas sini. Tak jauh dari situ, tampak pula sebuah pulau mungil. Itulah Sikuai, sebuah pulau resor yang sangat indah. Saya sempat melewati pulau ini saat perjalanan menuju Pulau Pagang. Airnya gradasi biru tua dan biru muda. Ombaknya tak terlalu besar, pantainya cocok untuk berenang!

Saat pagi tiba, para nelayan di Pantai Carocok menarik jaring dari pinggir pantai. Cara menangkap ikan seperti ini hanya saya temukan di Pantai Carocok, tidak ada di pantai-pantai lain. Di pinggir Pantai Carocok, berjejer perahu-perahu nelayan yang bisa disewa wisatawan. Ada pula wahana banana boat bagi yang suka bermain dengan adrenalin.

Suatu pagi di penghujung tahun 2010 itu, saya terdiam lama sekali. Keindahan Pantai Carocok dari Bukit Langkisau telah menyihir seluruh indera. Angin pantai seakan mempermainkan batin. Memasuki pikiran, membawa ingatan-ingatan melankolis.

Ah, sudahlah. Pikiran ini sudah melanglangbuana. Saatnya menikmati Pantai Carocok dengan segala bentang alamnya. Walaupun matahari bertambah terik, semilir angin pantai menyejukkan hati.

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar