Featured Video

Senin, 08 Oktober 2012

Bola Mati Jadi Momok Gawang Madrid


JOSE JORDAN / AFP
Kiper Real Madrid, Iker Casillas, tak kuasa menahan tendangan bebas pemain Barcelona, Lionel Messi, yang merobek jalanya. Gol itu adalah kali kedua Messi mencetak gol ke gawang Casillas dari tendangan bebas.

Setiap klub yang ditangani Jose Mourinho biasanya memiliki barisan pertahanan yang solid. Namun, Real Madrid justru tak demikian. Salah satu titik lemah Madrid adalah buruknya mengantisipasi bola mati.

Ya, musim ini banyak gol bersarang ke jala Iker Casillas dari situasi bola mati. Termutakhir, tendangan bebas Lionel Messi mulus merobek gawang yang dikawal Casillas. Beruntung, Madrid bisa menahan imbang 2-2 Barcelona di Stadion Camp Nou.

Gol kedua Messi itulah yang menjadi gol keenam yang menaklukkan gawang Madrid dari situasi bola mati. Persentase akan terasa besar melihat kenyataan Madrid baru kebobolan 13 gol musim ini. Itu artinya, 46 persen Madrid kebobolan dari bola mati.

Hal ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum. Dalam beberapa musim terakhir, Madrid kerap kecolongan dari situasi tendangan bebas atau sudut yang didapat lawannya.

Sebuah pekerjaan rumah yang seakan tak pernah diselesaikan Mourinho. Jika terus begini, lawan akan lebih banyak berlatih situasi bola mati tiap kali akan berhadapan dengan Madrid.

Enam gol yang bersarang ke gawang Madrid dari bola mati musim ini:

1. 26/8/2012, Juan Valera (tendangan bebas tak langsung), Getafe 2-1 Real Madrid
2. 29/8/2012, Lionel Messi (tendangan bebas langsung), Real Madrid 2-1 Barcelona
3. 15/9/2012, Piotr Trochowski (sepak pojok), Sevilla 1-0 Real Madrid
4. 19/9/2012, Aleksandar Kolarov (tendangan bebas langsung), Real Madrid 3-2 Manchester City
5. 4/10/2012, Nikolas Moisander (sepak pojok), Ajax Amsterdam 1-4 Real Madrid
6. 7/10/2012, Lionel Messi (tendangan bebas langsung), Barcelona 2-2 Real Madrid

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar