Featured Video

Senin, 22 Oktober 2012

SATU-SATUNYA DI SUMATERA BARAT-Kota Solok Raih Penghargaan ICT Pura




Pemerintah Kota Solok mendapat penghargaan dari Kementerian Komunikasi Informasi (Kominfo) atas prestasi kota tersebut yang dinilai sudah mampu mengembangkan jaringan teknologi informasi di Kota Solok dalam beberapa tahun terakhir ini.

Terkait prestasi itu,  Wakil Walikota Solok Zul Elfian diundang ke Kementerian Kominfo untuk menerima penghargaan dari Menteri Kominfo Kamis (18/10) lalu. Bersamaan dengan Zul Elfian, juga hadir beberapa kepala daerah lainnya di Indonesia.
Kepala bagian Humas Setda Kota Solok Heppy Darmawan kepada Haluan, Sabtu (20/10) mengatakan, penghargaan Information Communication Technology Pura (ICT Pura) yang diterima Pemerintah  Kota Solok tahun 2012 merupakan yang pertama. Bahkan di tingkat Provinsi Sumatera Barat,  dari 19 kabupaten dan kota yang ada, hanya satu-satunya Kota Solok yang memperoleh penghargaan tersebut.
Kota Solok memang sudah membangun jaringan informasi teknologi sejak tahun 2007  lalu. Tengok saja sistem informasi administrasi kependudukan (Siak Online), sistem informasi pembanguanan terpadu, website Kota Solok dan terakhir juga Layanan Pelelangan Sistem Elektronik (LPSE)
Pembangunan beberapa jaringan informasi teknologi itu memang dikagumi banyak pihak  karena bisa seiring informasi dengan daerah lain. Bahkan data Kota Solok bisa diakses oleh pihak lain melalui website yang ada. Terlaksananya pembangunan semua jaringan itu tak terlepas dari bantuan berbagai pihak dan tentunya komitmen dari kepala daerah sendiri.
Pada penilaian yang dilak­sanakan empat bulan lalu, tim dari Kominfo langsung datang ke Kota Solok untuk melihat secara dekat tentang sistem jaringan informasi yang ada di Kota Solok. Bahkan dalam pengisian data dan kuisioner, banyak dilakukan Humas Pe­merintah  Kota Solok, terang Heppy Darmawan.
Pada penilaian itu ada tiga aspek yag dinilai. Masing-masing infrastruktur, sistem informasi dan kemauan kepala daerah.
Dari tiga aspek itu, memang Kota Solok dinilai sangat memenuhi persyaratan. Bahkan ketiga  ka­tegori itu memiliki nilai yang baik. Semua fakta ini berdasarkan pengakuan dari tim penilai. Apalagi political will atau kemauan kepala daerah sangat besar dalam hal mendukung jaringan informasi teknologi.
Kendati beberapa sistem in­formasi sudah dibangun, namun ke depan semuanya akan dikem­bangkan lagi sehingga semua persoalan data dan kebutuhan pihak lebih atas bisa diakses langsung, terangnya. 

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar