Featured Video

Senin, 27 Mei 2013

Dominasi Rosberg Berbuah Kemenangan Perdana Mercedes Musim Ini

Boris Horvat/AFP
Monako - Nico Rosberg tampil dominan saat membalap di seri GP Monako. Performa gemilang pebalap asal Jerman itu pun menghasilkan gelar juara yang pertama untuk Mercedes di musim ini.

Sejak sesi latihan, kualifikasi, hingga balapan di Sirkuit Monte Carlo, Rosberg mampu tampil sempurna. Jika pada dua seri sebelumnya dia selalu gagal menjadi juara meski start dari posisi terdepan, Minggu (26/5/2013) malam WIB, dia sukses menjuarai GP Monako.

Bagi Rosberg kemenangan ini merupakan yang kedua sepanjang berkarier di ajang F1. Kemenangan pertama dia raih saat membalap di GP China tahun 2012.

Kesuksesan Rosberg Di GP Monakoitu tak diikuti oleh rekan setimnya, Lewis Hamilton. Dia gagal mempertahankan posisi dua saat start karena kalah dari dua pebalap Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber, yang finis di posisi dua dan tiga. Sementara Hamilton ada di peringkat empat.

Dengan hasil ini, Vettel saat ini masih menempati posisi pertama klasemen pebalap. Dia mengumpulkan 107 poin dari enam seri yang sudah digelar. Pebalap tim Lotus, Kimi Raikkonen, menempati posisi dua dengan raihan 86 poin. Sementara itu, driver tim Ferrari, Fernando Alonso, ada di posisi tiga dengan koleksi 78 poin.

Jalannya Balapan

Rosberg melakukan start sempurna. Dia yang mengawali balapan dari pole posittion mampu mempertahankan posisinya dari tekanan rekan setimnya, Hamilton, dan Vettel.

Tidak ada perubahan komposisi di posisi enam besar saat start, berturut-turut berada di posisi empat hingga enam adalah Webber, Raikkonen, serta Alonso.

Pebalap tim Caterham, Chales Pic, menjadi driver pertama yang tak bisa
menyelesaikan balapan. Mesin mobilnya terbakar di lap ketujuh, hingga menyebabkan bendera kuning berkibar.

Webber melakukan pit stop pertama saat balapan berjalan 26 lap. Setalah masuk kembali ke lintasan, dia menempati posisi 11 dan alonso naik ke posisi empat.

Satu lap berselang, giliran Raikkonen yang masuk ke pit. Posisinya lantas melorot ke peringkat 10, Webber yang baru saja melakukan pit stop ada tepat di depannya.

Alonso melakukan pit pertama pada lap 30. Dia lantas menghuni peringkat delapan saat masuk ke pit.

Felipe Massa mengalami kecelakaan di lap yang sama. Mobilnya terpelintir lalu hancur menghantam pembatas. Dia menjadi pebalap kedua yang tak bisa melanjutkan balapan.

Pada lap yang sama Vettel melakukan pit pertama, sial baginya safety car masuk. Massa tampak mendapatkan perawatan dengan menggunakan penyangga leher di pinggr lintasan. di

Rosberg masuk pit untuk kali pertama di lap 32, kemudian Hamilton menyusul satu lap berikutnya. Saat kembali kelintasan Rosberg tetap di posisi pertama, sementara Hamilton di peringkat empat.

Safety car kembali masuk dari lap 33 sampai 38, jarak para pebalap pun kembali merapat. Posisi tiga besar ditempati oleh Rosberg, Vettel, dan ja Webber.

Pada lap ke-46, balapan harus berhenti karena red flag dikibarkan. Sebabnya adalah senggolan antara Pastor Maldonado dan Max Chilton. Mobil Williams Maldonaldo mengahantam pembatas hingga tak bisa melanjutkan lomba dan membuat bendera merah dikibarkan. Setelah semua serpihan mobil Maldonaldo dibersihkan, lomba pun kembali dilanjutkan.

Senggolan antara Romain Grosjean dan Daneil Ricciardo di lap 63kembali membuat bendera kuning dikibarkan. driver Torro Rosso, Ricciardo, akhirnya gagal menyelesaikan balapan. Bendera kuning dikibarkan di lap 64, safety car masuk hingga 67.

Satu lap kemudian, Grossjean yang masih bisa melajukan kendaraan, akhirnya harus rela gagal finis. Di lap 61 Bianchi juga dipastikan gagal finish.

Insiden kembali terjadi di lap 70. Kali ini melibatkan Sergi Perez dan Raikkonen. Perez menabrak bagian belakang pebalap Lotus itu hingga hidung mobil McLarennya hancur.

Di delapan lap sisa, Rosberg tak lagi terkejar. dia pun berhasil meraih gelar juara di ajang adu cepat 'jet darat' untuk kedua kalinya.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar