Featured Video

Sabtu, 20 Juli 2013

Ini Strategi Lorenzo di Laguna Seca

Getty Images/Mirco Lazzari
California - Sempat dispekulasikan partisipasinya, Jorge Lorenzo akhirnya bersiap untuk tampil di MotoGP AS. Dalam kondisi kurang fit, ia pun akan mengusung strategi khusus.

Akhir Juni lalu Lorenzo mampu melaju di Assen meski kurang dari dua hari sebelumnya mengalami cedera di tulang selangka. Pekan lalu di Sachsenring rider Yamaha itu mendapat cedera lain di tempat yang sama, kali ini memaksanya absen dari balapan.

Setelah insiden teranyar tersebut, Lorenzo pada awalnya menilai dirinya juga akan absen dalam balapan pekan ini. Namun, pada prosesnya ia merasa sudah membaik dan berencana tampil di Laguna Seca.

"Itu adalah operasi kedua yang aku dapatkan di bagian tulang selangka kiriku dalam kurun waktu sebulan atau kurang, jadi tidak mudah menghilangkan semua peradangan. Tetapi apapun juga aku sedikit lebih baik dibandingkan di Assen, di sana aku punya satu hari untuk pemulihan dan kini aku punya nyaris sepekan. Jadi aku lebih baik daripada di Assen, tapi lebih buruk dibandingkan di Jerman," tutur Lorenzo di situs MotoGP.

Hasil di Sachsenring lalu membuat Lorenzo, sang juara bertahan, kini turun ke posisi tiga klasemen di bawah dua rider Repsol Honda yakni Dani Pedrosa dan Marc Marquez yang sedang memimpin klasemen.

Demi terus menjaga harapan untuk mempertahankan gelar, poin jelas jadi hal krusial untuk Lorenzo saat ini. Tetapi karena Laguna Seca dikenal sebagai salah satu lintasan yang menuntut secara fisik, Lorenzo pun tidak mau terlalu memaksakan diri.

"Kami tidak tahu bagaimana kondisiku di atas motor. Kita akan lihat nanti. Pagi hari Laguna biasanya amat dingin dan licin, dengan banyak kabut dan amat lembap. Lebih baik untuk bersikap amat tenang, membiarkan pebalap lain masuk lintasan lebih dulu, dan kemudian berusaha progresif. Penting untuk tidak crash, menyelesaikan balapan ini, dan berusaha kehilangan poin seminimal mungkin," tegasnya.
s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar