Featured Video

Jumat, 16 September 2011

Ultrabook, Era Baru Komputer Jinjing



Ultrabook Intel (eno/inet)
San Fransisco, AS - Intel mengenalkan Ultrabook sebagai standar baru komputer jinjing yang hemat energi. Ada beberapa fitur menarik di dalamnya, termasuk fitur anti maling.Trisno Heriyanto - detikinet

Ultrabook merupakan penggabungkan antara performa dan kapabilitas komputer jinjing dengan beberapa keunggulan tablet PC. Tak heran, jika akhirnya Intel mengklaim bahwa standar baru ini dapat mengubah pengalaman pengguna terhadap notebook pada umumnya.

Selain untuk mengakomodir kebutuhan meningkatnya mobilitas pengguna, Intel juga menyadari betul bahwa era baru komputer jinjing ini perlu juga menyoroti soal potensi keamanan, baik penyerangan malware, phising, hingga aksi pencurian komputer secara fisik.

"Ultabook dilengkapi banyak fitur untuk mencegah terjadinya pencurian data," kata Mooly Eden, Vice President & General Manager PC Client Group Intel.

Untuk menghadirkan fitur ini, Intel mempercayakan kemampuan penyedia anti virus McAffe yang telah diakusisinya beberapa waktu lalu.

"Fitur keamanan dalam Ultabook diperkuat oleh McAffe, kami percaya karena mereka sudah lama bekecimpung di bidang keamanan internet," tambah Eden, yang selalu tampil khas dengan topi hitam.



Menghadang Pencuri

Pada sebuah demonstrasi yang diperagakan di tengah ajang Intel Developer Forum (IDF) 2011 yang berlangsung di Moscone Center West, San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (14/9/2011), Intel menampilkan simulasi sebuah pencurian data melalui internet.

Sebuah Ultrabook yang telah dipasangi aplikasi keylogger digunakan untuk melakukan transaksi internet banking, sedangkan komputer lain berperan sebagai penjahat yang memata-matai aksi calon korbannya.

Berkat fitur enkripsi data yang ditanamkan pada chip ultrabook, si penjahat terbukti tidak mampu mencuri data calon korbannya. Tak cukup sampai di situ, produk ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan jarak jauh.

"Jika komputer tercuri, Anda bisa mengirimkan sebuah 'pil' yang bisa mengunci dan menghapus data komputer tersebut," tandas Eden.

Belum dipastikan kapan Ultrabook akan dirilis, namun kehadiranya bisa dipastikan tidak akan lama lagi. Sejumlah vendor seperti Acer, Asus, Lenovo dan Toshiba pun sudah memperagakan produk tersebut di tengah IDF 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar