Featured Video

Selasa, 08 November 2011

KM PONO INDAH DITEMUKAN DI PULAU KATANGKATANG


KEHILANGAN KONTAK
PADANG.KM Pono Indah yang hanyut dibawa gelombang laut telah ditemukan. Tak ada korban jiwa. Kapal ini selama 20 jam terombang-ambing di tengah lautan.

Kapal Motor (KM) Pono Indah yang putus kontak dengan perusahaannya PT Simeulue Cabang Muara Padang  dan dinyatakan hilang, akhirnya berhasil ditemukan di Pulau Katangkatang atau sekitar 15 mil dari perairan Pesisir Selatan dengan perairan Mentawai, Senin (7/11), sekitar pukul 22.00 WIB.
Kejadian naas ini tidak ada korban jiwa dan saat ini KM Pono Indah itu telah bersandar di Pelabuhan Sikakap.
Kepala Syahbandar Pelabuhan Muaro Padang, Zulmardi, me­ngatakan, kapal motor itu dite­mukan dalam kondisi baik dan semua awak kapal berhasil dite­mukan dengan selamat setelah 20 jam terombang-ambing di tengah laut dalam keadaan mesin mati dan badan kapal bocor, sehingga kapal tersebut telah berisikan air.
Dijelaskannya, KM Pono Indah ini berangkat dari Muaro Padang sekitar pukul 05.00 WIB dengan nahkoda Zainuddin dan tujuh orang ABK dan kapal ini membawa muatan semen seba­nyak 30 ton. Kemudian peru­sahaan KM Pono Indah men­dapatkan kontak dari Nahkoda Zainal yang menyatakan mesin utama kapal mati dan setelah itu tidak ada lagi kontak antara KM Pono Indah dengan pihak peru­sahaan.
Dijelaskannya, sesaat sebelum putus kontak, kapten kapal menye­butkan bahwa mereka telah sangat dekat dengan pelabuhan Sioban, tapi kapten kapal tersebut tidak menyebutkan jarak yang jelas, karena langsung putus kontak dan saat itu memang timbul keyakinan bahwa KM Pono Indah telah karam. Dugaan itu muncul karena tingginya gelombang saat ini.
Walaupun diduga telah teng­gelam, namun upaya pencarian dilakukan dengan cara mem­berangkatkan KM Sumber Usaha II, Minggu (6/11) sekitar pukul 12.00 WIB. Tapi KM Sumber Usaha II tidak menemukan keberadaan KM Pono Indah.
“KM Pono Indah ini baru diketahui keberadaannya setelah KM Marusaha yang berangkat dari Pesisir Selatan, memberitahukan kepada PT Simeulue melalui radio, bahwa mereka telah menemukan KM Pono Indah, sekitar 15 mil laut dari pelabuhan Sioban,” kata Zulmardi.
Kemudian saat ditemukan kapal masih terapung-apung, sedangkan kapten dan tujuh orang ABKnya masih berada di atas kapal dalam keadaan selamat.
KM Pono Indah ini telah ditarik oleh KM Marusaha dan kapal itu akan merapat di Pela­buhan Sikakap. KM Marusaha yang menemukan kapal naas ini juga merupakan kapal milik PT Simeulue, ungkap Zulmardi, Senin (7/11). (h/nas)
(Haluan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar