Featured Video

Selasa, 08 November 2011

Timnas Indonesia lewati rintangan pertama



Rahmad Darmawan (ANTARA/Andika Wahyu)

Timnas Indonesia melewati rintangan pertama setelah mengalahkan Kamboja 6-0 pada babak penyisihan Grup A cabang sepak bola SEA Games 2011 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin.


Gol kemenangan tuan rumah tercipta lewat Titus Bonai pada menit 27, Patrick Wanggai menit 29 dan 40, Gunawan Dwi Cahyo menit 34, Andik Vermansyah menit 81 dan Ramdani Lestaluhu pada menit 84.

Meski menang telak di laga perdana, pada pertandingan berikutnya tim Garuda Muda akan dihadapkan dengan lawan yang memiliki kemampuan di atas Kamboja yaitu Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Start ini diluar dugaan. Anak-anak mampu mengatasi situasi bahkan mampu melakukan improvisasi sehingga mampu meraih kemenangan," kata Rahmad Darmawan setelah pertandingan usai.

Menurut dia, meski mampu menang telak, tim Garuda Muda masih banyak kelemahan yang masih perlu diperbaiki. Salah satu kelemahan yang harus secepatnya diatasi adalah konsistensi dalam bermain.

Saat menghadapi Kamboja, kata dia, serangan yang dibangun oleh Egi Melgiansyah dan kawan-kawan telah sesuai dengan harapan. Hanya saja, banyak pemain kurang sabar sehingga penyelesaian akhir kurang maksimal.

"Secara umum kami belum puas karena baru langkah kecil. Masih ada tantangan besar yang harus dihadapi," katanya menambahkan.

Ditanya masalah pertahanan yang selama pertandingan kurang begitu solid, mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengaku tidak mempermasalahkan. Komunikasi empat pemain yang ada telah berjalan baik meski tetap harus dievaluasi.

"Kontrol terus kami lakukan. Apalagi stok pemain belakang kurang. Makanya kami menyiapkan pemain yang serba bisa," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Sementara itu pelatih Kamboja, Lee Tae Hoon, mengaku tidak mempermasalah kekalahan besar yang dialami oleh anak asuhnya saat menghadapi tuan rumah Indonesia.

"Tim telah berusaha dengan keras, tapi hasilnya bagus. Yang jelas pemain muda kami terus mengalami peningkatan. Apalagi yang turun pada pertandingan ini adalah pemain U-19 dan U-20," katanya.

Ia mengatakan bahwa meskipun kalah pihaknya optimistis anak asuhnya bisa memetik pelajaran karena lawan yang dihadapi yaitu Indonesia memiliki kemampuan yang jauh lebih bagus.

Indonesia setelah menghadapi Kamboja dijadwalkan akan menghadapi Singapura pada Jumat (11/11), melawan Thailand pada Minggu (13/11) dan melawan Malaysia pada Kamis (17/11). Sedangkan Kamboja akan menghadapi Singapura pada Rabu (9/11), Thailand pada Jumat (11/11), dan Malaysia pada Minggu (13/11). 
(T.B016/I015)
Editor: Ruslan Burhani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar