Featured Video

Sabtu, 21 Januari 2012

Garin Nugroho: Ini Negeri Para Makelar


KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Garin Nugroho

JAKARTA,  Sutradara Garin Nugroho (50) punya nama baru buat Indonesia. ”Ini negeri para makelar,” ucapnya seusai mengedit film terbarunya, Soegiyo, Senin (16/1/2012) tengah malam.

”Jadi, jangan heran kalau munculnya mobil Esemka itu kemudian ditanggapi dengan sinis oleh sebagian kalangan elite politik dan pengusaha. Mereka yang sudah terbiasa mendapat fee dari kegiatan makelarnya,” kata pria kelahiran Yogyakarta ini menambahkan.
Wabah makelar, lanjut Garin, membuat kegiatan produktif di Indonesia kian langka. Elite politik lebih suka mengimpor barang dari luar negeri karena bakal mendapat fee.
”Elite politik itu menangguk banyak keuntungan, tetapi rakyat menjadi semakin tergantung dari luar (negeri),” ujarnya.
Kedisiplinan dan kemampuan birokrat, pegawai negeri, serta karyawan perusahaan negara atau daerah dalam memberikan pelayanan publik dan memelihara aset relatif makin merosot. Justru kegiatan para makelar proyek dan makelar hukum yang berkembang.
Para makelar ini membebani mereka yang produktif. ”Orang-orang yang produktif malah kalah bersaing. Mereka tak hanya harus membayar orang-orang yang bekerja, tetapi juga para makelar yang sesungguhnya tidak bekerja. Ongkos produksi pun kian membengkak,” katanya.
”Jangan sampai pers ikut jadi makelar, berbahaya!” kata Garin menegaskan.
(WIN)
Sumber :
Kompas Cetak
http://entertainment.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar