Featured Video

Sabtu, 21 Januari 2012

Kapal Costa Concordia Tenggelam Tak Peduli Kapten Kabur, Billy Terus Bantu Penumpang


Tak Peduli Kapten Kabur, Billy Terus Bantu Penumpang
Costa Concordia Kapal pesiar yag mengalami kecelakaan



 TANGERANG - Suasana malam itu menegangkan. Pukul 19.00 waktu setempat, Billy Tangkalisan baru saja bebas tugas dan melepas lelah di kamarnya, deck zero, kamar semua kru dek. Belum sampai puncak ia memejam mata, benturan keras kapal terjadi, ia terjaga.

Suasana serba darurat. Billy langsung mengambil langkah seribu menuju life boat. Pria asal Manado itu sudah tahu diri ketika Costa Concordia kena musibah. Sebagai chief life boat nomor 19, dia dibantu dua koki menurunkan  life boat ke permukaan laut. 
Usai tiba di bandara internasional Soekarno-Hatta, Banten, Jumat malam, Billy mengaku life boat sempat macet saat diturunkan. "Jumlah penumpang 150 untuk tiap life boat," ujarnya. "Saat mengantar penumpang ke darat, saya melihat kapten kapal melarikan diri dengan perahu karet.
Namun Billy tak terpengaruh dengan aksi pecundang kapten kapal tersebut. Ia berusaha fokus membantu penumpang bolak-balik dari kapal ke daratan. Saking banyaknya menolong penumpang, Billy tak tahu berapa kali ia mondar-mandir dari kapal ke daratan.
Menurut Billy, di kapal berpenumpang empat ribuan itu ada 26 life boat. Hanya tiga yang tidak bisa diturunkan karena posisi kapal doyong ke kanan. Mulanya kapal doyong lebih dulu ke kiri, terus berputar dan posisinya doyong ke kanan sampai terbentur karang.
Ia memprediksi, jika saja saat kapal doyong ke kiri dan terus melaju ke depan, korban tewas akan lebih banyak lagi. "Soalnya kalau kapal terus akan menuju ke perairan dalam. Untuk kapal berputar," cerita Billy yang sempat mendokumentasikan kejadian itu lewat ponselnya. (*)

Penulis: Yogi Gustaman  |  Editor: Gusti Sawabihttp://www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar