Featured Video

Senin, 06 Februari 2012

Istana Bakal Diskusikan 'Harta Karun' Gunung Sadahurip


Jakarta - Benarkah di dalam Gunung Sadahurip, Garut, Jawa Barat, tersimpan 'harta karun' berusia ribuan tahun? Jika benar di dalamnya ada piramida purba seperti kabar yang beredar, tentu bisa menguak tabir peradaban. Istana melalui Staf Khusus Kepresidenan bidang Penanggulangan Bencana akan mendiskusikannya.

"Besok akan ada diskusi yang melibatkan sekitar 300 orang. Ada geolog, masyarakat pemerhati, BPPT, LIPI dan lainnya terkait Gunung Sadahurip dan Gunung Padang di Cianjur," kata panitia pelaksana diskusi, Yani, kepada detikcom, Senin (6/2/2012).

Diskusi akan digelar pada Selasa (7/2) di Gedung Krida Bhakti, Jl Veteran 12 pukul 09.00 WIB. Rencananya Staf Khusus Kepresidenan bidang bidang Penanggulangan Bencana, Andi Arief, juga akan hadir dalam diskusi bertema 'Menguak Tabir Peradaban dan Bencana Katastropik Purba di Nusantara untuk Memperkuat Karakter dan Ketahanan Nasional'.

"Acara ini terbuka," imbuh Yani.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana, Andi Arief, yakin ada bangunan bersejarah ditemukan di pegunungan di Garut. Umur bangunan yang terpendam dalam gunung itu diyakini lebih tua dari Piramida Giza di Mesir.

Namun keyakinan Andi Arief dan timnya tersebut diragukan kalangan lainnya. Arkeolog UI, Irmawati M Johan, menyebut bangunan tertua di Indonesia yang ditemukan dan sudah diteliti berdasarkan bukti ilmiah adalah candi yang dibangun pada abad 7 Masehi. Belum ada bangunan yang ditemukan sebelum era Masehi.

Sekadar catatan, Piramida Giza di Mesir selama ini dikenal sebagai piramida tertua dan terbesar dari 3 piramida yang ada di Nekropolis Giza. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu, dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 sebelum Masehi.

(vit/nrl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar