Featured Video

Sabtu, 24 Maret 2012

Gunung Marapi Sumbar semburkan abu vulkanik


Gunung Marapi (FOTO ANTARA/Arif Pribadi)

Padangpanjang .Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyemburkan abu vulkanik tipis dengan ketinggian sekitar 100 meter dari puncak gunung, Sabtu.

Semburan abu vulkanik berlangsung sekitar tujuh menit dan diperkirakan menghujani sebagian daerah Kabupaten Tanahdatar.

"Setelah abu vulkanik menghilang, gunung tidak lagi terlihat menyemburkan abu. Abu vulanik ini sudah relaif lama tidak disemburkan gunung Marapi," kata Murtini, warga Koto Baru, Tanahdatar yang tinggal di sekitar lereng gunung.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi telah menetapkan status gunung menjadi waspada level II dan melarang masyarakat untuk tidak mendaki lebih dari tiga kilometer dari puncak.

Sejak peningkatan aktivitas pada tanggal 3 Agustus 2011, Gunung Marapi hampir setiap hari mengeluarkan asap hitam dan abu vulkanik.

Gunung Marapi terakhir kali meletus pada tahun 2005. Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki dari dalam maupun luar Sumatera Barat.
(KR-AH/O001)
Editor: Heppy
Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar