Featured Video

Kamis, 08 Maret 2012

Seperdelapan orang Indonesia bermasalah dengan ginjal

Seperdelapan penduduk Indonesia atau sekitar 25 juta orang mengalami gangguan fungsi ginjal.


"Penyebab tertinggi gangguan fungsi ginjal adalah penyakit diabetes dan hipertensi," kata Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri), dr. Dharmeizar, Sp.PD-KGH di Jakarta, Selassa. 

Dharmeizar mengemukakan angka 25 juta orang tersebut didapat dari penelitian Pernefri  tahun 2005. Penelitian terhadap 9.500 orang itu menemukan 12,5 persen di antaranya mengalami gangguan fungsi ginjal.

Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD-KGH dari bagian Ginjal dan Hipertensi, Departemen Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, yang ikut mengadiri edukasi untuk media itu juga mengatakan, bahwa kasus gagal ginjal di Indonesia kini meningkat.

"Saat ini terdapat sekitar 300.000 penderita gagal ginjal di Indonesia," ujar dr.Parlindungan.

Dia juga mengatakan bahwa salah satu penyebab utama gagal ginjal tahap akhir adalah diabetes melitus yang jumlahnya kini juga meningkat di Indonesia.
  
Parlindungan menyebutkan, 25 persen penderita gangguan fungsi ginjal disebabkan oleh penyakit diabetes melitus. Faktor diabetes melitus merupakan penyebab tertinggi untuk gangguan fungsi ginjal sejak 2009. 
(M048)


Editor: Aditia Maruli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar