Featured Video

Sabtu, 16 Juni 2012

Sumbar Raih Dua Medali Emas


Kabar gem­bira datang dari arena Musa­ba­qah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-24 di Kota Ambon. Ka­filah Sumbar berhasil men­du­lang dua medali emas melalui ca­bang syarhil Quran dan tilawah re­maja putra. Sumbar masih ber­pe­luang menambah pundi-pundi me­dali emas melalui tiga cabang lain­­nya setelah berhasil melaju ke b­a­bak puncak. Keberhasilan ini se­kaligus mengobati kekecewaan mas­yarakat Sumbar setelah ca­bang-cabang unggulan gagal me­menuhi target. 


Untuk ca­bang syarhil Qu­ran berhasil di­raih Rita Ga­m­a­sari, Fitria El­husni dan Wid­ya Isra. Se­dang­kan cabang tilawah remaja me­­dali emas disumbangkan Mu­ham­mad Ikhsan. Sedangkan tiga ca­bang lagi yang berpeluang me­raih emas adalah khat naskah pu­tra, khat hiasan mushaf putri dan tilawah dewasa putra.

Informasinya, pengu­mu­man pemenang ketiga ca­bang ini di­la­kukan saat penu­tupan MTQN.  

Sumbar berhak membawa me­dali emas di cabang syarhil Quran setelah memperoleh nilai ter­tinggi 95,83, diikuti DKI Ja­karta 95,66 dan Jawa Tengah 93,66. Persaingan tak kalah ke­tat­nya terjadi di cabang tila­wah re­maja, kafilah Sumbar berhasil ung­gul satu poin dari Jawa Barat dengan nilai 97, Jawa Barat 96, dan DKI 93.

Usai memastikan kemena­ngan ini, pekik Allahu Akbar mem­bahana di Islamic Centre Am­bon tempat lokasi perlom­baan cabang syarhil Quran. Ke­tiga wakil Sumbar Rita Ga­masari, Fitria Elhusni dan Wid­ya Isra langsung sujud syu­kur saat pengumuman pemenang. Me­­reka saling berang­kulan dan me­­nangis haru. Para suporter Sum­bar tergabung da­lam Ikatan Ke­luarga Minang (IKM) Ambon dan ofisial langsung berlonjak kegirangan.

Saat perlombaan cabang syarhil Quran, kafilah Sumbar mem­bawa tema syarhil mem­berantas korupsi untuk kema­juan bangsa. Tema ini tidak jauh berbeda dengan tema yang diba­wakan kafilah DKI. Saat kafilah Sumbar tampil, support dibe­ri­kan para perantau di Kota Am­bon dengan menyiapkan um­bul-umbul dan poster. Kon­disi yang tak jauh berbeda juga ter­jadi saat kafilah Sumbar Muhammad Ikhsan berlaga di cabang tilawah remaja putra.

Kepala Biro Bina Sosial Set­prov Sumbar, Jefrinal Arifin, juga terlihat menghapus air mata dengan kedua tangannya. “Saya begitu terharu dan sangat bahagia sekali. Saya baru datang ke Ambon. Dari bandara lang­sung ke sini dan belum sempat mandi sama sekali. Jujur dalam Shalat Tahajud saya selalu ber­doa, semoga kafilah Sumbar bisa mengukir prestasi,” ujarnya.

MTQ kali ini memang berbe­da dengan MTQ Bengkulu lalu. Ji­ka dulu medali paling banyak di­­raih Banten dan DKI, MTQ Am­­­bon pemenangnya terdis­tri­bu­si ke sejumlah daerah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar