Featured Video

Rabu, 04 Juli 2012

Pembukaan MTQ Tanah Datar Meriah



Kabupaten Tanah Datar pantas dijadikan contoh sukses dalam pelaksanaan Musa­baqah Tilawatil Quran (MTQ). Pembukaan MTQ Nasional tingkat Tanah Datar ke-37 lebih sukses dibanding pembukaan MTQ tingkat Provinsi Sumbar. Keberhasilan Luhak Nan Tuo dalam penyelenggaraan ini tidak terlepas dari kepiawaian

bupatinya, Shadiq Pasadigoe meng­himpun sumber daya ranah dengan rantau. Itulah bedanya dengan kabupaten lain.
“Shadiq yang juga ketua aso­siasi bupati se- Indonesia ini pantas diperhitungkan untuk pemimpin masa depan “ kata Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim pada pem­bu­kaan MTQ Nasional tingkat Kabu­paten Tanah Datar di Balai Gadang Batipuh, Selasa (3/7) kemarin.
Pembukaan MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar ke 37 dimeriahkan tari massal. Hadir sejumlah anggota DPRD Provinsi Sumbar, Tanah Datar, kepala dinas, undangan dan ribuan masyarakat beserta para kafilah se-Tanah Datar. Acara pembukaan ini dimeriahkan tarian massal yang cukup menggugah penonton.
Tanah Datar sebagai pusat adat di Minang, kata Muslim Kasim, memiliki beban berat dalam meng­aplikasikan Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) yang tercermin dalam kehi­dupan sehari-hari sebagai bukti keberhasilan MTQ tersebut.
Kemeriahan pelaksanaan MTQ tak akan berarti jika realitas dalam kehidupan di tengah masyarakat, khususnya  jika nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kitab suci Alquran belum teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Itu terlihat jika masih banyak orang duduk di lapau belum membudayakan mag­rib mengaji dan tidak taat dengan nilai nilai Alquran.
Bupati Tanah Datar M Shadiq Pasadiqoe meminta agar pelaksa­naan MTQ ini dapat dilakukan dengan jujur dan obyektif. Harapan itu juga di sampaikan ketua LPTQ Tanahdatar Masnefi. Mantan Wakil Bupati Tanah Datar itu mengaku, kafilah Tanah Datar sulit lolos menjadi juara umum. Ia menilai dewan juri masih subjektif dalam melakukan penilaian.
Terkait harapan itu, Muslim Kasim juga berharap agar pelak­sanaan MTQ ke depan harus jujur, objektif.
Ketua pelaksana MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar Osman Bin Nur melaporkan, kegia­tan ini terselenggara atas dukungan Pemkab Tanahdatar, perantau dan masyarakat. Pelaksanaan MTQ di lakukan di beberapa masjid di Kecamatan Batipuh. MTQ Tanah Datar akan berlangsung hingga 7 Juli 2012 mendatang. (h/one)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar