Featured Video

Senin, 13 Agustus 2012

Pertama, Lesbian Menikah di Biara Taiwan


foto









Pernikahan You Ya-ting (kiri) dan Huang Mei-yu di Taiwan. REUTERS/Pichi Chuang

Fish Huang dan You Ya-ting menjadi pasangan lesbian pertama yang merayakan pernikahan sesama jenis Buddha di Taiwan, Sabtu, 11 Agustus 2012. Ini sebuah langkah memperjuangkan hak asasi manusia agar Taiwan melegalkan pernikahan sesama jenis.

"Kami tidak hanya melakukannya untuk diri kami sendiri, tapi juga untuk kaum gay dan lesbian lainnya," kata Fish Huang kepada Taipei Times, Juli 2012.

Huang dan Ya-ting, yang telah hidup bersama selama tujuh tahun, saling mengucap sumpah dan berdoa serta bertukar manik-manik--bukan cincin--di biara Taoyuan, Taiwan Utara. Hampir 300 umat Buddha bernyanyi bersama dalam perayaan pernikahan itu.

Keluarga Huang maupun Ya-tin tidak hadir dalam upacara pernikahan mereka karena menghindari media yang meliput. Padahal, mereka sebelumnya menyatakan setuju hadir.

Pernikahan sesama jenis pertama di Taiwan terjadi pada 1996. Namun, pernikahan itu bukan pernikahan Buddha. Pernikahan Huang dan Ya-tin inilah yang diketahui sebagai pernikahan sesama jenis Buddha pertama di Taiwan.

Kelompok gay mendorong Presiden Ma Ying-jeou membuat undang-undang agar pasangan sesama jenis bisa melakukan pernikahan, dan itu berlaku juga untuk pasangan gay. Mereka berharap Presiden mau melakukan itu sebelum masa jabatannya berakhir pada 2016.














































Title #1

Huang Mei-yu dan You Ya-ting berfoto bersama keluarga dan rekan-rekan mereka usai melangsungkan pernikahan simbolis di Taoyuan county, Taiwan utara, Sabtu (11/08/2012). Foto: REUTERS/ Pichi Chuang

Title #2

Title #3


Title #4


Title #5


Title #6


Title #7




SUMBER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar